Wednesday, 24 April 2024 | 05:24 PM

Pangkalpinang
02 July 2016,03:52 AM

BangkaNews -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  (Babel) Rustam Effendi dan Kepala Dinas Perhubungan Babel Sarjulianto memantau  langsung situasi arus mudik mulai dari   bandara, pelabuhan dan terminal kota Pangkalpinang, Jumaat (1/7).

Dari data yang dihimpun Redaksi BANGKANews.com di Bandara Depati Amir Pangkalan Baru, H-4 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, arus mudik mengalami lonjakan penumpang sekitar 30 persen dari hari biasa. Bahkan Kamis (30/6) kemarin, penumpang mencapai 7330 orang, dengan 26 kali penerbangan domestik.

"Yang biasa 3000 penumpang sekarang mencapai 7000an, luar biasa peningkatannya, lonjakan penumpang diperkirakan akan terus berlangsung hingga H-1 nanti," ujar Rustam, di ruang tunggu Bandara Depati Amir.

Sedangkan kondisi penumpang di pelabuhan Pangkalbalam dan terminal Girimaya, dikatakan Rustam tidak ada kenaikan lonjakan penumpang yang berarti.

"Di pelabuhan dan terminal tidak terjadi lonjakan, mungkin ini karena ekonomi yang kurang menggembirakan, saya juga melihat selisih antara harga tiket pesawat dengan kapal laut tidak begitu tinggi, sehingga banyak yang memilih menggunakan pesawat, seperti untuk jurusan ke Belitung," jelasnya.

Selanjutnya, Rustam juga mengimbau agar pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta menjaga keselamatan pribadi dan mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk mudik.

Sementara itu, GM Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Eko Prihadi menyebutkan,  pada Kamis kemarin, sebanyak 26 pesawat mengangkut penumpang 7330 orang, dengan kenaikan 30 persen dibandingkan hari biasanya.

"1 hari 29 penerbangan, dengan 1 extra flight sriwijaya air, lonjakan penumpang 30 persen dari hari biasa, biasanya 3000 penumpang satu hari, saat ini tembus 7ribuan," sebutnya.

Sementara itu Sarjulianto menambahkan, pihaknya sudah melakukan persiapan menjelang mudik lebaran ini, semua terminal bus sudah dilakukan uji kelayakan dan pemantauan kondisi bus yang digunakan.

"Kalau penumpang sepertinya tidak ada lonjakan penumpang angkutan darat maupun laut, tetapi kita tetap persiapkan dan memantau kesiapannya," katanya.

Sarju juga mengatakan bahwa posko mudik lebaran telah dibuka dititik- titik lokasi guna memantau perkembangan arus mudik lebaran 2016 ini.(nyo).

Komentar Anda