Friday, 19 April 2024 | 10:28 AM

Serumpun Sebalai
11 July 2016,12:22 AM

BangkaNews-- Masih dalam suasana lebaran, Menteri Perbungan RI Ignatius Jonan memantau suasana mudik lebaran pada H+5 di bandara Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yaitu Bandara HAS Hanajoedin (Belitung) dan Depati Amir (Bangka).

Menteri Perhubungan Jonan beserta rombongan, tiba di Bandara Depati Amir sekitar  pukul 17.35 Wib waktu setempat, setelah sebelumnya memantau di Bandara HAS Hanajoedin (Belitung). Kedatangan Jonan disambut oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Efendi, dengan didampingi Kapolda Babel Brigjend (Pol) Yovianes Mahar, Danrem 045/ Gaya Kolonel Tjatur Gunadi Genah, General Manajer AP Depati Amir Eko Prihadi, Kepala Basarnas Deden Ridwansyah dan beberapa pejabat provinsi Babel, Minggu (10/7).

Gubernur Babel kepada Redaksi BANGKANews.com, disela kesibukannya mengatakan, kedatangan Menteri Perhubungan ini masih terkait pemantauan arus mudik lebaran.

"Kedatangan pak Jonan masih terkait pemantauan masih dalam suasan mudik lebaran, termasuk keamanan dan kenyamanan penumpang di bandara," katanya.

Menurut Rustam, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat pada tahun 2016 ini, mengalami peningkatan 10% dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan pesawat bukan menurun, tetapi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yang mengalami penurunan jumlah penumpangnya yaitu pada transportasi laut," jelasnya.

Terkait adanya isu, gerakan yang akan mengacaukan keamanan di sejumlah bandara di Indonesia, khususnya Babel, Rustam menerangkan, aparat TNI dan Polri siap siaga penuh, untuk mengantisipasi kejadian.

"Sampai saat ini isu tersebut tidak terbukti, TNI dan Polri siap siaga, kita juga tidak mengharapkan adanya kejadian seperti itu," terangnya.

Sementara itu, kedatangan Menteri Jonan yang disambut hangat ini, kepada sejumlah awak media lokal Babel mengatakan hal senada, Babel dinilai  baik, termasuk keamanan dan kenyamanan penumpang bandara.

"Keamanan dan kenyamanan penumpang di dua bandara Babel, dinilai baik. TNI dan Polri siap siaga menjaga keamanan," katanya. 

Jonan juga mejelaskan bahwa ruang VVIP bandara, akan diperlakukan sama seperti penumpang pada umumnya, agar keamanan bandara lebih terjamin. 

"Kita akan kirim inspektur keamanan penerbangan terkait keamanan ruang VVIP, agar standar pengamanan sama seperti bandara penumpang pada umumnya," tukasnya.

Jonan pada kesempatan itu juga, menyempatkan diri untuk melakukan cek kesehatan di posko terpadu angkutan lebaran bandara Depati Amir.(nyo)

Komentar Anda