Saturday, 20 April 2024 | 11:56 AM

Pemda-Berkewajiban-Memberikan-Motivasi-bagi-UMKM
21 September 2016,12:52 AM

 BangkaNews - Doktor Nining I Soesilo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menilai pemberian motivasi bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) harus terus dilakukan oleh berbagai pihak agar usahanya berkembang pesat.

Nining menyampaikan hal itu setelah melakukan penelitian kepada 385 pengusaha UMKM yang meliputi usaha perdagangan, pertanian, industri dan perikanan di Kabupaten Beltim terhadap perkembangan UMKM.

" Dari hasil penelitian yang kita lakukan terhadap pengusaha UMKM di Beltim mengenai upayanya mengembangkan dan memperbesar usaha masih belum banyak. Sebagian besar hanya memikirkan kebutuhan dasar yakni bagaimana bisa makan, minum, punya rumah dan anak sekolah. Sedangkan upaya untuk mengembangkan usaha masuk pada prioritas ke delapan," kata Nining usai melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Beltim Burhanudin yang akrab disapa Aan dan pejabat instansi terkait di Kantor Bupati Beltim, Selasa (20/9).

 Dalam penelitian yang berkerja sama dengan Pemkab Beltim ini juga dijumpai bahwa pengusaha perempuan masih belum maksimal dalam memikirkan pengembangan usaha termasuk faktor identitas agama yang mempengaruhi dari usaha mikro.

Untuk itulah, lanjut Nining, pemberian motivasi kepada pengusaha UMKM di Beltim sangat penting dilakukan oleh berbagai pihak, seperti yang dilakukan Pemkab Beltim dalam memberi pinjaman lunak kepada pengusaha lokal sangatlah bagus untuk mengembangkan usahanya.

" Kebutuhan dasar adalah sesuatu yang harus digarap. Belum adanya integrasi antara pemikiran pemenuhan kebutuhan dasar dengan kewirausahaan sehingga harus ada pemberian motivasi bagi mereka," ujar Nining. (hmsbeltim/Ver/01) 

 

Komentar Anda