Thursday, 19 September 2019 | 01:25 AM

Yusril-Jamin-Dok-Segera-Terealiasasi
18 October 2016,10:46 PM

BangkaNews - Direktur Ihza and Ihza Law Firm, Yusril Ihza Mahendra menjamin pembangunan dok reparasi kapal dan pembuatan kapal baru berbahan baja, almunium, dan fiberglass di Lipat Kajang Manggar segera terwujd. Ia mengatakan akan terus mendorong dan membantu kebutuhan kawan-kawan pengusaha yang akan berinvestasi. 

" Saya terus mendorong teman-teman untuk lebih cepat mengerjakan proyek ini. Kepada GMD dan PT DAK saya minta segera merapikan tempat ini dan memulia operasinya,"  kata Yusril kepada Humas Belitung Timur (Beltim), seusai Peninjauan di Lokasi Dok Lipat Kajang Manggar, Selasa (18/10).

Adik Bupati Beltim, Yuslih Ihza itu menyatakan, sebagai inisiator Ia berani pasang badan mengingat saat ini mengingat kondisi pemerintahan yang sudah kondusif. Ia tak ingin peristiwa 10 tahun lalu, dimana pemerintah daerah lambat bereaksi terhadap investor terulang kembali.  

" Kan sayang tempatnya bagus. Saya ingin cepat supaya tidak terulang kasus 10 tahun lalu, yang membuat mereka kecewa terus pindah investasi ke Batam. Cuman saya melihat pemerintah daerah sekarang lebih familiar dan kondusif,"  ungkap Yusril.

Saat rapat awal minggu lalu di kantornya, Jakarta Rabu (12/10), Yusril mengatakan Direktur Operasional PT Timah Tbk, Muhammad Rizky mengatakan pada dirinya jika sekitar Januari 2017 sudah dok akan mulai beroperasi.    

" Minggu kemarin Direktur Operasional PT Timah mengatakan kepada saya mudah-mudahan Januari 2017 sudah memulai kerja kecil-kecilan. Tahap pertama ini menyerap 50 orang, nanti baru hingga ribuan pekerja,"  ujarnya.  

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza yang turut mendampingi peninjauan mengatakan akan membantu kemudahan percepatan pembangunan dok. Ia berkoordinasi dengan SKPD dan instansi terkait perizinan, pertanahan, dan energi listrik.

" Sebagai kepala daerah saya akan berkoordinasi dengan SKPD terkait perizinan, pertanahan, dan perhubungan, perikanan. Sarana listrik juga saya sudah koordinasi dengan kepala PLN Bangka Belitung, mereka menyatakan sudah siap pembuatan PLTU," kata Yuslih.      

Terkait kebutuhan pendalaman alur sungai, Ia menyebutkan Pemkab beltim sudah menyiapkan anggaran untuk pengerukan alur Sungai Manggar. Nantinya seiring dengan pembangunan dok,  Dinas Perhubungan akan melakukan pendalaman alur sepanjang 1200 meter. Hal ini untuk mempermudah masuknya kapal-kapal besar ke dok.  

" Selaian mempermudah perizinan, kita juga bantu pendalaman alur sungai. Kita sudah siapkan anggaran untuk pengerukan pendalaman alur muara sepanjang 1200 meter,"  ujar Yuslih. 

Ia berharap dengan dibukanya dok, akan membuka lapangan pekerjaan baru dan peningkatan kehidupan ekonomi kepada masyarakat. (hmsbeltim/01)

Komentar Anda