Thursday, 19 September 2019 | 01:22 AM

Pariwisata
21 October 2016,10:01 AM

BangkaNews - Sejumlah yachter peserta Wonderful Sail 2 Indonesia (WS2I) 2016 mulai merapat di pesisir pantai Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (19/10/2016). Yachter mancanegara ini diajak menikmati potensi wisata alam maupun wisata budaya. Karena tak hanya wisata alam pantai yang menarik, wisata budaya di Bangka Belitung juga mempunyai keunikan untuk disaksikan wisatawan.

Rombongan yachter disuguhi dua tarian tradisional bertajuk Dapunta Hyang dan Campak penampilan Sanggar Seni Astari Pangkalpinang. Saat menjamu yachter, Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, daerah ini lebih dikenal sebagai daerah penghasil timah. Namun sekarang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan.

" Andalan kita pesona bahari dan budaya. Untuk wisata bahari berupa keindahan pantai serta keindahan flora dan fauna bawah air. Sedangkan andalan budaya berupa tradisi, kesenian tradisional, gedung peninggalan sejarah, museum, kuliner dan aktivitas budaya lainnya," kata Gubernur di Mahligai Serumpun Sebalai, Rabu malam (20/10/2016).

Gubernur juga mengajak seluruh yachter menikmati kuliner, keindahan pantai, flora dan fauna bawah air, berolahraga air, menyaksikan atraksi budaya selama di Bangka Belitung. Kali ini terdapat peserta yachter balita yakni Willow. Bayi perempuan asal Holland tersebut masih berusia setahun dua minggu. Namun Willow sudah berlayar sejak berumur enam minggu.

Sementara sebelumnya, Rabu siang (20/10/2016) yachters disambut Rustamsyah Wakil Bupati Bangka di Restoran Pelangi, Parai Resort & Spa, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Wabup berharap kegiatan kapal layar dapat berkelanjutan dengan jumlah negara dan peserta lebih banyak lagi. " Kegiatan ini hendaknya didukung perencanaan dan pembiayaan lebih baik," ungkapnya.(babelprov.go.id/01).

Komentar Anda