Tuesday, 25 June 2019 | 11:11 AM

Belitung-Timur-Targetkan-Raih-Adipura
05 November 2016,12:43 AM

 BangkaNews -  Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza menargetkan Kabupaten Beltim mendapatkan piala adipura setelah sebelumnya mendapatkan sertifikat adipura.

" Program ini sangat bagus agar kota menjadi indah, bersih dan sehat. Kita menargetkan Beltim dapat piala adipura. Kita melihat masyarakat sudah baik untuk menjaga kebersihan walaupun masih ada yang perlu dibenahi. Untuk mencapai itu kerjasama dan pemahaman seluruh elemen masyarakat sangatlah penting," kata Yuslih usai menerima Tim Pemantau Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia di ruang kerja Bupati Beltim, Kamis (3/11). 

Pemkab Beltim juga akan terus berupaya agar pada penilaian selanjutnya memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan untuk meraih piala adipura.

" Dari kita (Pemda) akan meningkatkan kerjasama dan berkoordinasi terutama kita minta dari pihak Badan Lingkungan Hidup Daerah Beltim dan Cipta Karya serta dinas terkait untuk melaksanakannya," harap Yuslih.

Sementara itu, Anis dari Tim Pemantau Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia mengungkapkan hasil kunjungan ke beberapa titik di Kota Manggar mengenai kebersihan, persampahan, dan keteduhan.

" Dalam 2 hari ini kita sudah memantau perkantoran, toko, jalan, sekolah-sekolah dan pasar di Kota Manggar. Hasilnya sudah baik namun masih perlu perbaikan seperti pemilahan sampah yang masih belum banyak dipahami. Sudah ada sarananya dan tong sampah dipilah menjadi 5 namun pas dibuka, isi sampahnya tidak sesuai. Artinya yang seharusnya isi kertas tapi diisi botol, baterai," ungkap Anis.

Anis berharap seluruh perlu adanya pemahaman yang lebih dari seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota.

" Masyarakat perlu diedukasi lebih sering. Koordinasilah hingga level yang paling bawah karena di titik pantau ada kriteria dan jangkauan nilai. Kalau mau Kota Manggar ini dapat piala, ya penuhilah persyaratan itu karena bulan Maret 2017 kita akan datang untuk menilai lagi,"ujar Anis. (hmsbeltim/ver/01)

           

 

Komentar Anda