Wednesday, 17 April 2024 | 03:09 AM

Sainstek
06 April 2018,11:25 PM

BangkaNews.ID Jakarta - Penggunaan smartphone memang dapat mempermudah keseharian. Namun, jika perangkat tersebut digunakan secara berlebihan akan bisa membawa dampak yang negatif bagi pemiliknya, bahkan hingga tewas.


Dilansir dari Tempo, artikel ini berusaha merangkum beberapa kejadian tewasnya seseorang akibat ponsel, mulai dari ponsel meledak hingga diseruduk banteng, Jumat, 06/04. Berikut peristiwa itu:

1. Headphone Meleleh

Gadis berumur 17 tahun bernama Luiza Pinheiro itu tewas akibat kesetrum saat mengisi daya ponsel pintarnya. Tragisnya, dia tersengat setrum saat mengisi daya smartphone sembari mendengarkan musik. Bahkan, headphone yang dipakainya sampai meleleh. Pinheiro memang sempat segera dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

"Nenek Pinheiro mendapati cucunya pingsan terbaring. Headphonenya masih menempel," kata juru bicara rumah sakit, seperti dilansir laman The Sun, Maret lalu. "Ia sempat dirawat sekitar satu setengah jam sebelum mengembuskan napas terakhirnya."

2. Smartphone Meledak

Insiden ini dialami gadis India bernama Uma Oram, 19 tahun. Menurut laman Daily Mail, pada pertengahan Maret lalu, Oram sedang melakukan pengisian daya perangkat itu dan berbicara kepada seorang kerabat saat tragedi tersebut terjadi di rumahnya di Desa Kheriakani, negara bagian Odisha, India bagian timur.

Remaja tersebut mengalami luka di tangan, dada dan kakinya dan terjatuh tak sadarkan diri sebelum dibawa ke rumah sakit di mana dia dinyatakan meninggal dunia. Saudaranya mengatakan bahwa gadis itu ingin berbicara dengan anggota keluarga yang tidak disebutkan namanya tepat setelah makan siang, namun ternyata ponsel yang memiliki logo Nokia itu sudah kehabisan daya baterai.

"Saat baterai ponsel itu habis, dia melakukan pengisian sambil berbicara secara bersamaan. Sebelum kami menyadari apa yang sebenarnya terjadi, Uma jatuh pingsan. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit," ujar kakak laki-lakinya Durga Prasad Oram.

3.Tersambar Ombak Saat Selfie

Seorang pegawai honorer Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), dipastikan tewas setelah diterjang ombak besar di tebing Sarang Burung Walet, So Wawo Pote, Dusun Nangadoro, Desa Huu, Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, April 2017.

Menurut informasi dari kepolisian setempat, pria 27 tahun itu dipastikan sudah tak bernyawa setelah dihantam ombak saat asyik berfoto selfie dengan rekannya.

4.Tertabrak Roller Coaster

Pada Agustus 2015, seorang pria bernama James Young tewas tertabrak wahana roller coaster di Taman Bermain Cedar Point, Ohio, Amerika Serikat. Peristiwa itu berawal saat Young menaiki wahana bermain itu dan ponselnya terjatuh dari sakunya ketika melewati lintasan lingkaran terbalik.

Setelah turun dari wahana yang dijuluki Raptor itu, Young berinisiatif mengambil ponselnya dengan memanjat area terlarang di jalur wahana tersebut. Namun nahas, sebuah roller coaster datang dengan kecepatan tinggi dan menabraknya hingga tewas.

5.Diseruduk Banteng

Seorang pria bernama David Gonzales Lopez tewas diseruduk banteng saat menyaksikan festival balap banteng pada tahun 2015 di Pamplona, Spanyol. Saat itu, Lopes sedang mengambil dokumentasi acara tersebut dengan ponselnya, karena terlalu fokus dengan ponselnya Lopes tidak menyadari ada seekor banteng berlari ke arahnya.

Banteng itu menyeruduk Lopes hingga tewas. Padahal, sebenarnya dia sudah berada di pinggir garis penonton, tapi dia keluar dari barisan pengaman untuk mendapatkan gambar yang lebih bagus.

Lopes tewas karena terlempar hingga 3 meter ke udara dan dengan kondisi masih memegang ponselnya. Dia mengalami luka serius di bagian leher dan pahanya akibat tusukan tanduk banteng, hingga akhirnya meninggal karena kehilangan darah terlalu banyak.(*)

TEMPO | THE SUN | DAILY MAIL 

foto : bgrcom

Komentar Anda