Thursday, 19 September 2019 | 09:21 AM

Sainstek
09 May 2018,11:21 PM

BangkaNews.ID Pangkalpinang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Balai Jasa Kontruksi Wilayah II Palembang melaksanakan kick off percepatan uji sertifikasi serentak wilayah Kepulauan Bangka Belitung Tahap 1 di Pangkalpinang, Rabu ( 09/05/2018 ).

Peserta Uji sertifikasi tahap I ini diikuti oleh 540 orang tenaga kerja konstruksi yang bekerja pada proyek konstruksi di lingkungan unit organisasi Kementerian PUPR seperti Satker Ditjen Sumber Daya Air 90 orang, Satker Ditjen Bina Marga 135 orang, Satker Ditjen Cipta Karya 180 orang, Satker Ditjen Penyediaan Perumahan 45 orang serta 90 orang tenaker Dinas PU kabupaten Bangka Tengah dan  Dinas PU kabupaten Bangka Selatan.

Dalam kata sambutannya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Roesman mengatakan bahwa di era desentralisasi dan otonomi daerah, peran pemerintah daerah untuk memberikan layanan publik, termasuk penyediaan layanan infrastruktur sangat diperlukan.

" Sangat diperlukan sekali tenaga yang berkualitas, terutama terampil jadi modal Babel berhasil membangun infrastrukturnya dan yang tidak kalah penting terjamin tidak terjadinya kegagalan bangunan konstruksi " pungkas Erzaldi.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin menambahkan bahwa keselamatan konstruksi terletak pada tenaga konstruksinya.

" Jika tenaga kerja konstruksi yang melaksanakan proyek konstruksi tertib, dalam menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) serta tertib melaksanakan SOP, bisa dipastikan konstruksi juga aman dan berkualitas " ujarnya.

Untuk tenaga ahli sendiri menggunakan metode distance learning atau belajar jarak jauh berbasis teknologi informasi, sedangkan metode terampil menggunakan metode pengamatan langsung di lapangan, pelatihan mandiri dan menggunakan fasilitas mobile training unit ( MTU ).

Patut dibanggakan karena kegiatan ini merupakan sumber pembiayaan sertifikatnya 85% dari penyedia jasa, dan selebihnya dibiayai pemerintah.

( HD )

Komentar Anda