Wednesday, 22 May 2019 | 08:45 PM

Sainstek
16 May 2018,07:16 AM

Bangkanews.id - Cengkong Abang, PT. Bangka Biogas Sinergy melakukan peresmian pembangkit tenaga listrik biogas pltbg 2 MW Sungai Terlung di desa Cengkong Abang, Senin ( 16/05/2018 ).

Acara ini dihadiri oleh DPD RI,  Kementerian SDM RI, Plt Bupati Bangka, Direktur Bank Sumsel, dan Direktur Trakindo.

Dalam kata sambutannya Komisaris PT BBS Djohan Riduan Hasan mengatakan PLN sudah melakukan PPA dengan pihak PT BBS selama 20 tahun.

" Ini adalah suatu tonggak kerja sama, untuk mensuplai listrik secara konsisten. Banyaknya problem lingkungan yang ada di Babel, kami berkomitmen untuk bersinergi dengan pabrik lain agar pabrik ini ramah lingkungan " ujarnya.

General Manajer PLN Babel Abdul Muchlis juga menambahkan 2 MW ini berguna untuk menambah kapasitas pembangkit listrik. Saat ini PLN mensuplai 180 MW sedangkan beban di Bangka ada 140mw. Kita harapkan ke depan akan semakin banyaknya investasi. Kita juga akan tambah 100mw dari batubara. Ada target kami listrik baru terbarukan.

" Suplai listrik bisa disuplai dari sumber daya Babel sendiri. Kita berharap biogas dan biomas banyak. Kami sepakat perlu membanyak sumber-sumber energi. Masih ada keluhan masyarakat karena pas sahur dan buka puasa terkadang selalu mati. Mudah-mudahan kebutuhan listrik bulan puasa ini bisa terpenuhi " ungkapnya.

Di lain sisi, Gubernur Babel Erzaldi Roesman menegaskan gas-gas yang terbuang harus dimanfaatkan, jika melihat pabrik-pabrik ini sudah sangat rapi dan tidak bau. Ini ke depannya kita harus bekerja sama.

" Permasalahan yang semakin mendasar adanya pabrik seperti ini adalah bau.Saya sangat senang PT BBS ini sudah ramah lingkungan.  Ini harus di dukung oleh PLN. Kita harus mengurangi melalui diesel karena mahal, ditambah kita adalah daerah kepulauan yang rawan inflasi. Apabila bahan baku energi baru terbarukan,  saya percaya listrik akan lebih murah. Saya berkeinginan Babel harus menjadi perhatian dunia, Babel termasuk menjadi provinsi yang paling banyak menggunakan energi baru terbarukan " harapnya.

( HD )

Komentar Anda