Monday, 17 June 2019 | 11:35 PM

Bangka
15 October 2018,12:02 PM

BangkaNews.Id, Sungailiat -- Setelah sukses mengadakan Kursus Singkat Kepemiluan di Kecamatan Sungailiat beberapa saat yang lalu,(13/10) kemarin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka kembali mengadakan kegiatan yang sama.

Kali ini KPU mengadakannya di Balai Desa Silip Kecamatan Riau Silip, Sebanyak 25 peserta yang hadir merupakan perwakilan dari seluruh desa di Kecamatan Riau Silip untuk mendapatkan pengetahuan tentang Kepemiluan.

Turut Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut, Ketua PPK Riau Silip, Meggi, Kades Silip Sumanto Sholeh, Anggota PPK Jarjis dan Irma Sagita serta perwakilan Panwascam Riau Silip.

H.Zulkarnain Alijudin, Ketua KPU kabupaten Bangka menyampaikan materi tentang Tahapan, Jadwal dan Program Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 bahwa berbagai kegiatan pelaksanaan pemilu sudah dilaksanakan ditingkat kabupaten diantaranya verifikasi partai politik, penetapan daerah pemilihan (dapil), penetapan calon legislatif, penentuan lokasi kampanye, penyempurnaan data pemilih, persiapan logistik dan kegiatan lainnya.

" Akan muncul penyelenggara pemilu berkualitas dari kegiatan kursus singkat kepemiluan ini" Harap Zulkarnain.

Sementara ditempat yang sama Siti Aminah, selaku Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan proses pelaksanaan Pemilihan Umum di TPS yang dilanjutkan dengan simulasi pemungutan suara.

" Simulasi ini melibatkan seluruh peserta, ada yang bertugas sebagai ketua dan anggota KPPS, saksi, pengamanan TPS, pengawas maupun pemilih. Suasana simulasi dibuat menyerupai kegiatan pada hari pemungutan suara, lengkap dengan kotak dan bilik suara serta spesimen surat suara " ujarnya.

Kegiatan kursus singkat kepemiluan ini merupakan upaya KPU Bangka dalam menyiapkan kaderisasi penyelenggara pemilu sehingga sebagian besar peserta adalah anak muda.

Kegiatan dibuat menarik dengan metode diskusi kelompok serta diselingi dengan atraksi yel-yel serta doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri.

(Gy)

Komentar Anda