Wednesday, 17 July 2019 | 11:22 PM

Danramil-Kelapa-Kampit-Latih-Kepemimpinan-Dasar-Pelajar-SMAN-1-Damar
27 December 2018,07:45 PM

BangkaNews.Id, Kelapa Kampit -- Danramil 05 Kelapa Kampit Kapten Inf Syafrudin melatih dasar kepemimpinan bagi siswa/siswi SMA negeri I Damar. Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) Ini dilaksanakan  lapangan upacara SMAN 1 Damar Desa Mengkubang Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur yang dipimpin langsung oleh Komandan koramil 05 kelapa Kampit Kapten Inf Syafrudin beserta anggota diantaranya Pelda Herman Efendi, Serda Suprapto dan Kopda Firdiansyah, Kamis ( 27/12 ).

Kapten Syafrudin mengatakan bahwa materi yang diberikan untuk  memupuk kedisiplinan, kerapian dan kebersamaan dilatih dasar baris berbaris (PBB) dan peraturan penghormatan mulai dari sikap sempurna, istirahat di tempat, penghormatan, hadap kanan kiri, jalan di tempat, gerakan berjalan langkah tegap haluan kanan dan kiri.

" Kegiatan dilanjutkan dengan materi  psikologi lapangan dengan tujuan untuk memupuk kekompakan, kerja sama tim dan saling memghargai di antara sesama teman dengan materi yang diberikan antara lain pertama lompat tali beregu sedangkan materi kedua bola estafet dengan sarana menggunakan 3 tali dan permadani terbang yaitu keseimbangan membawa air di gelas dengan diletakkan di atas kain segi empat " ungkapnya.

Ia juga menambahkan permainan selanjutnya water estafet yaitu pemindahan air di mangkok dengan mata tertutup dan lomba lari keseimbangan membawa kelereng dengan sendok berpasangan dan yang terakhir menangkap bebek dengan mata tertutup dalam lingkaran yang telah disiapkan oleh pihak panitia.

Kepala sekolah SMAN I Damar Bapak Riskan Akbari S.Pd mengatakan saya atas nama dari sekolah SMAN mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dari TNI AD dalam mendukung, kegiatan LDKS ini kedepan dari pihak sekolah akan menjadwalkan waktu secara rutin setiap 2 bulan sekali, akan dilaksanakan LDKS.

" Kegiatan ini sangat positif untuk membentuk karakter kebangsaan bagi generasi muda yang saat ini sudah kritis dengan nilai-nilai jiwa nasionalisme" ujarnya.

Selama kegiatan LDKS ini para siswa/siswi sangat senang dan riang sekali karena mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang materi bela negara dan kepemimpinan. Mereka mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

Kegiatan LDKS ini bertujuan pertama membentuk karakter kepemimpinan generasi muda, siap untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa. Kedua meningkat kan jiwa gotong royong dan meningkatkan kekompakkan dan kesetiakawanan kerja sama / jiwa korsa sesama siswa/ siswi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di atas kepala cabang dinas pendidikan wilayah lV Bpk Adi Zahriadi M.SI , Kepala sekolah SMA Negeri 1 Damar Bpk Riskan Akhbari S.Pd , Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gantung Bpk Sabarudin M.Pd, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Damar Bpk Yandri S.Pd dan pembina Osis(guru pendamping) Bpk Priyanto S.Pd

( red )

Komentar Anda