Thursday, 25 April 2024 | 06:40 AM

Serumpun Sebalai
06 February 2019,11:25 PM

BangkaNews.Id, Pangkalpinang -- Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 tidak lama lagi, sebagai langkah antisipasi terjadinya kerawanan di  masyarakat  pasca diselenggarakannya Pemilu Legislatif dan Presiden maka Korem 045/Gaya memberikan bekal sebagai pedoman kepada para prajuritnya berupa latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden, Rabu (6/02) di Aula Makodim 0413/Bangka, Pangkalpinang.

Latihan Pengamanan Pemilu kali ini diikuti oleh anggota  dari satuan Makorem 045/Gaya, Kodim 0413/Bangka, Kodim 0431/Babar dan satuan Balak Korem 045. Latihan diawali dengan pengecekan pasukan dan dilanjutkan dengan pemberian materi teori di ruangan Aula Makodim.

Adapun materi di dalam ruangan yang dilatihkan diantaranya tentang tahapan-tahapan Pemilu yang dibawakan oleh ketua KPU, penanganan kerusuhan massa yang disampaikan oleh Polda Babel, K3I disampaikan oleh Dandenhubrem,  penanganan konflik sosial dan pengamanan objek vital disampaikan oleh Polda Babel,  kemudian setelah istirahat siang dilanjutkan dengan materi Komunikasi Sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan pembinaan perlawanan wilayah.

Latihan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bagaimana prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan, sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu sehingga dapat berjalan tertib, lancar, aman dan sukses. Sehingga prajurit tahu tindakan apa yang diambil apabila terjadi kerusuhan massa, dan diharapkan tidak ada lagi prajurit yang ragu-ragu dalam bertindak.

Latihan pengamanan Pemilu legislatif dan presiden merupakan upaya untuk mensukseskan pelaksanaan perbantuan TNI kepada Polri dalam pengamanan Pemilu. Untuk mencapai kesiapan prajurit dalam pengamanan Pemilu tidak bisa dicapai secara instan. Maka latihan dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan, diperlukan sosialisasi dari masing-masing pihak tentang aturan yang berlaku, mekanisme perbantuan, prosedur pengamanan dan penyamaan persepsi tentang tujuan perbantuan tersebut.

Latihan pengamanan Pemilu legislatif dan presiden Korem 045/Gaya melibatkan pelaku  sebanyak 85  Org dan penyelenggara serta pelatih sebanyak 25 Org. 

( red/rilis penrem 045/GAYA )

Komentar Anda