Saturday, 20 April 2024 | 06:07 PM

Danramil-Lepong-Hadiri-Hedeka-Ume-Hasil-Panen-Sawah-di-Tanjung-Labu
24 February 2019,09:57 PM

BangkaNews.Id, Bangka Selatan --  Hasil panen padi di persawahan Tanjung Labu yang merupakan cetak sawah tahun 2017 melimpah. Sehingga bagi masyarakat Tanjung Labu Kecamatan Pulau Lepar merasa perlu untuk melaksanakan hedeka ume yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan  Yang Maha Kuasa atas hasil padi yang melimpah.

Kapten Arh Khaerudin menghadiri acara Hedekah Ume di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (24/02). Komandan Koramil  413-01/Lepar Pongok sangat memiliki andil dalam keberhasilan dari persawahan yang dicetak pada tahun 2017. 

Karena andil Danramil beserta anggotanya yang selalu mendampingi para petani untuk terjun langsung membantu mulai dari penyaluran pupuk membajak sawah, penyemaian, penanaman hingga memanen padi, sehingga panen padi tahun 2019 dapat melimpah.

Hedeka Ume di Tanjung Labu merupakan tradisi yang menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang diperoleh masyarakat dari bercocok tanam, dimana masyarakat melaksanakan sedekah  atas hasil pertanian terutama hasil padi. Untuk itu disetiap pondok para petani disawah menyediakan makanan tradisional sehingga bagi masyarakat yang melintas dapat menikmati hidangan yang disediakan merupakan tradisi yang  berume.

"Tradisi Hedeka Ume ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang banyak, dengan ungkapan rasa syukur ini mudah mudahan hasil panen yang akan datang dapat lebih banyak lagi"" ungkap Perwira berpangkat Kapten tersebut.

" Kita akan terus kembangkan potensi pertanian dan perkebunan di Kecamatan (Lepar Pongok). Kegiatan sedekah ume ini juga merupakan bukti keberhasilan pengembangan pertanian di Lepar Pongok sehingga adanya syukuran seperti ini," imbuhnya.

Kegiatan hedeka ume tahun ini diawali dengan Sambutan Kades Tanjung Labu dilanjutkan Sambutan Bupati Basel H. Yustiar kemudian Doa, setelah itu Pemotongan dan penyerahan tumpeng Lepat kepada Kades serta Penyerahan Taraktor 16x16 Toda 4 dari Dinas Pertanian,   dan diakhiri acara  Ramah tamah.

Hadir dalam kegiatan hedeka ume diantaranya Bupati Basel, Setda Basel, Kadistan Basel dan tak ketinggalan seluruh SKPD Basel. Hadir juga pak camat, Kapolsek, Tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat. 

( red/rilis penrem 045 Gaya/Na )

Komentar Anda