Tuesday, 25 June 2019 | 03:17 AM

Trending News
28 March 2019,04:20 PM

BangkaNews.id -- Hari Ini Kemenag Kota Pangkalpinang Mewisuda 940 Santri TPQ

Bertempat di auditorium STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, menyelenggarakan wisuda santriwan/santriwati Taman Pendidikan Quran (TPQ) angkatan ke-IX tahun 2019.
 
Wisuda kali ini akan diikuti oleh 940 orang santri yang berasal dari 73 TPQ dan juga para siswa SD/MI dan SMP/MTs yang di bawa langsung Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.( 28-03-2019 )
 
Ketua Panitia Wisuda yang sekaligus Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Iwan Setiawan, S.I.P., M.H. mengatakan bahwa,dalam wisuda santri TPQ yang diselenggarakan tahun ini mengalami peningkatan dalam jumlah santrinya.
 
“Santri yang mengikuti dari awal ujian munaqosah berjumlah 1.030 orang, namun setelah dilakukan ujian/munaqosah, hanya 940 orang santri yang dinyatakan lulus dan 90 orang santri dinyatakan belum lulus dengan berbagai pertimbangan,"Tukas Iwan.
 
Pihaknya pun berharap penuh agar sertifikat/ijazah kelulusan santri TPQ ini bisa diperhitungkan sebagai salah satu persyaratan masuk di pendidikan formal yang ada di Kota Pangkalpinang.
 
,"Kami juga berharap agar keberadaan TPQ mampu memberikan kontribusi nyata guna meningkatkan mutu pendidikan agama dan keagamaan di Kota Pangkalpinang, serta kami mohon juga agar Pemerintah Daerah dapat lebih memperhatikan keberadaan TPQ ini,” Imbuhnya.
 
Iwan juga menyampaikan apresiasi kepada ustadz/ustadzah yang telah mendidik santrinya dengan baik sehingga dapat diwisuda pada hari ini. Karena pendidikan agama merupakan hal yang wajib bagi setiap individu dan tidak hanya diperoleh melalui jalur sekolah formal saja, namun juga harus diimbangi dengan pendidikan keagamaan sejak dini yang diperoleh dari jalur non-formal seperti TPQ.
 
."Pendidikan keagamaan bagi anak berperan sangat penting sebagai pegangan hidup dalam menghadapi zaman yang terus berkembang menuju era globalisasi atau yang sering disebut dengan zaman millennial atau zaman now ini,Lanjut Iwan.
 
Oleh sebab itu, peran aktif dari keluarga dan lingkungan harus terus ditingkatkan , salah satunya adalah dengan menyekolahkan anak pada Taman Pendidikan Keagamaan yang ada.
Pada akhirnya beliau berharap, dengan adanya wisuda ini, para pendidik di TPQ dapat terus meningkatkan kualitas dari ilmu yang disampaikan kepada para santri, sehingga para santri memiliki pemahaman tentang agama Islam yang baik dan memiliki kemampuan dalam membaca serta mengamalkan Al Quran dengan baik dan benar.( red )

Komentar Anda