Wednesday, 22 May 2019 | 08:32 PM

Kemenpan-RB-Bekerja-Sama-Pemkab-Belitung-Selenggarakan-Forum-Konsultasi-Publik
04 May 2019,05:13 PM

BangkaNews.Id, Belitung -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi RI bekerja sama dengan Pemkab Belitung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung, menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik yang bertempat di Ruang Rapat Pemda, Jumat (03/05).

Acara yang bertema, Forum Konsultasi Publik bagi Organisasi Perangkat Daerah di Bidang Pelayanan dalam Pembuatan Akta Kelahiran Penduduk Usia Diatas 60 Hari Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Pemkab Belitung, Ita Wahyuni, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung Mustofa dan diikuti beberapa Kepala Dinas dan Instansi Kabupaten Belitung, Camat, Lurah, serta perangkat desa dan Tokoh Masyarakat bertempat.

Narasumber terdiri dari Dua yaitu, Asisten Deputi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Noviana Andrina dan Analis Kebijakan Madya Menpan – RB RI Syafrudin.

Noviana Andrina selaku Asisten Deputi mengatakan, Melalui forum ini kami meminta masukan dari semua sisi apa yang dirasakan oleh masyarakat di lapangan terkait dengan pelayanan (Disdukcapil).

Untuk itu masukan tersebut menjadi suatu Feedback bagi penyelenggara untuk memperbaiki pelayanan kedepannya.

Lebih lanjut ia menyebut, banyak hal yang telah dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat.

"Jadi dengan melalui FKP, pengaduan, media lapor spam, maka kami melaksanakan survei kepuasan, karena itu adalah pintu masuk dari publik kepada penyelenggara.

"Kemudian kami melakukan evaluasi pelayanan publik yang telah kami lakukan di 208 Kabupaten/Kota untuk tahun ini yang terus meningkat," pungkasnya.

"Untuk itu mudah-mudahan untuk mencapai Roadmap pelayanan publik di 2024 yaitu pelayanan publik berkelas dunia di daerah Belitung tidak ketinggalan jadi terus maju tapi perlu pembenahan dengan kerja keras yang cukup kuat”, tegasnya.

Sementara Mustopa selaku Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung mengatakan, untuk perbaikan pelayanan publik Disdukcapil Kabupaten Belitung telah melaksanakan berbagai program dan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Jadi melalui beberapa program diantaranya Laskar pelinge, Matang di pohon, Paduka RT , Pelayanan Integrasi 3,4,5 in 1 dan Pantas (Pelayanan Antar Prioritas).

"Dan kami tidak bosan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Kita tidak menunggu tetapi kita jemput bola, jemput bola ke sekolah-sekolah, dan warga binaan di lembaga pemasyarakatan (Lapas), kami selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat demikian juga baik dari sisi sarana dan pelayanan agar masyarakat ke Disdukcapil itu merasa nyaman”,ujarnya.

( R.10 )

Komentar Anda