Thursday, 25 April 2024 | 09:49 PM

Trending News
04 May 2019,07:48 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang KPU Kota Pangkalpinang menyelesaikan pleno rekapitulasi penghitungan suara di kantor KPU Kota Pangkalpinang. Setelah sebelumnya, Kamis (2/5) kemarin pleno penghitungan suara dimulai di ballroom Sahid Hotel. Sekitar pukul 03.00 Sabtu (4/5), rombongan KPU dan saksi yang masih menyelesaikan tanda tangan diminta untuk mengosongkan ballroom hotel. 

Dari hasil pleno tersebut, didapati 30 anggota perwakilan rakyat yang akan mengisi gedung DPRD Kota Pangkalpinang. Dari 7 Kecamatan di Kota Pangkalpinang, hanya 9 partai yang berhasil lolos mengamankan kursi di DPRD Kota Pangkalpinang. Partai Hanura tak kebagian kursi, sementara akan ada pergeseran kursi pimpinan DPRD. 

Sebelumnya, pimpinan DPRD Kota Pangkalpinang dari PDIP, Gerindra dan PPP. Dari hasil rekapitulasi, pada pemilu 2019 untuk DPRD Kota Pangkalpinang, nampaknya PPP harus merelakan kursi pimpinan tersebut. Pasalnya, suara Partai Demokrat pada Pemilu serentak ini cukup untuk menggeser PPP dari kursi pimpinan. 

Perolehan suara partai Demokrat di DPRD Kota Pangkalpinang berada di urutan kedua dengan perolehan 11.701 suara. PDIP masih memimpin dengan perolehan suara tertinggi sebanyak 15.042 suara. Sementara itu, di posisi ketiga ada partai Gerindra dengan 10.810 suara dan PPP 10.448 suara. 

�Kita sudah menyelesaikan rekapitulasi di 7 Kecamatan tinggal menunggu berita acaranya. Nanti akan dibagikan masing-masing kepada saksi parpol, saksi DPD dan presiden wakil presiden,�kata Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti. 

Untuk perolehan kursi di DPRD Kota Pangkalpinang, yakni PDIP 4 kursi, Demokrat 4 kursi, Gerindra 4 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi dan PKB 1 kursi. 

Masing-masing partai yang berhasil memperoleh empat kursi di empat daerah pemilihan, baik Bukit Intan/Girimaya, Rangkui, Gerunggang/Taman Sari maupun Gabek/Pangkalbalam. Sementara, PKS hanya gagal meraih kursi di daerah pemilihan Rangkui. PAN gagal pertahankan kursi Gabek/Pangkalbalam dan PKB raih kursi di dapil Gerunggang/Taman Sari.( red )

Komentar Anda