Saturday, 20 April 2024 | 11:00 PM

Serumpun Sebalai
25 May 2019,10:31 PM

BangkaNews.Id, Pangkalpinang -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan memaksimalkan lahan tidur yang terbengkalai disebelah Gor Sahabudin untuk dijadikan lahan produktif.

Lahan tersebut akan diolah agar dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian dan peternakan.

Salah satu upayanya adalah penanaman komoditas tanaman yang akan dikembangkan yaitu jenis tanaman sorgum. 

Armaini dari Dinas Pangan Pemprov Babel, menerangkan pemanfaatan lahan tidur dilaksanakan setelah mendapat petunjuk dan arahan dari Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

"Atas perintah Pak Gubernur maka kami segera langsung bergerak cepat menindaklanjuti," jelasnya, Sabtu (25/5).

"Pak Gubernur meminta agar lahan tidur dicek seperti apa pemanfaatannya, maka lahan di samping sirkuit ini kita lakukan perataan,� lanjutnya. 

Dijelaskannya, program tersebut berupa pendampingan kerja sama pembibitan, penanaman dan budidaya sorgum serta relokasi dan restorasi lahan bekas tambang ilegal. 

"Dengan tujuan agar kelihatan hasilnya, dan juga berdampak positif," terangnya. 

"Kedepan setelah perataan lahan sebagai awal pengembangannya akan diuji coba dengan tanam berbagai jenis komoditas tanaman, seperti tanaman sorgum dengan dua varietas, yaitu Numbu dan Super 2,� tuturnya.

Sementara untuk uji coba tersebut melibatkan unsur dari dinas dan lembaga pertanian yang terkait, seperti dari Litbangtan RI, AIP 21 Bogor, BPTP, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan dan Dinas Pangan Provinsi Babel. 

(red)

Komentar Anda