Monday, 23 September 2019 | 08:27 AM

Trending News
06 June 2019,06:51 PM

BangkaNews.id -- Bangka Tengah Namang 045/Garuda Jaya Sersan Satu Rempi Hasugian adalah salah satu prajurit Korem 045/Garuda Jaya yang memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif di area Markas Korem yang terletak di Desa Jelutung Kecamatan Namang Bangka Tengah.( 06-06-2019 )

Bintara yang telah mengabdi selama hampir Sepuluh tahun di Korem Garuda Jaya ini sehari_harinya berdinas di Staf Penerangan dengan jabatan Bintara Administrasi (Bamin).

Lahan tidur yang dimanfaatkan anggota Penrem ini dulunya hanya ditumbuhi semak_semak dan tumbuhan pohon hutan lainnya, kini sudah menjadi lahan serba guna dan multi fungsi pertanian dalam satu lokasi yaitu lahan perkebunan, peternakan dan perikanan.

Dalam lokasi tersebut ditanam Pepaya, Pisang, Ubi dan tanaman lainnnya, kemudian dilahan tersebut juga dipelihara Ayam, bebek dan dalam lokasi yang sama juga dibuatkan kolam untuk memelihara ikan sekaligus keperluan minum ternak juga untuk bahan menyimpan air yang bisa digunakan dalam menyiram tanaman.

Dengan demikian ketiga fungsi pertanian tersebut sangat menguntungkan yaitu tanaman membutuhkan pupuk organik dari kotoran ternak, buah pepaya yang kurang bagus bisa untuk makanan ternak dan air kolam bisa difungsikan untuk menyiram tanaman. Terangnya.

Pria kelahiran Tapanuli Utara ini menyampaikan bahwa memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan multi fungsi pertanian merupakan hal pertama dilaksanakan selama mengabdi kepada negara melalui prajurit TNI AD.

Ia menuturkan ide pemanfaatan lingkungan tersebut berawal dari tingginya harga hasil pertanian diwilayah ini, kemudian dilihat dari kultur tanah sangat memungkinkan untuk diolah dan ditanam dengan tanaman yang mudah dikelola tanpa banyak membutuhkan keahlian pertanian.

Hal berikutnya yang mendasari prajurit ini untuk mengolah lahan tidur tersebut karena lokasinya dekat dengan tempat tinggal yaitu hanya 20 meter dari rumah, dengan demikian waktu dalam lima sampai 10 menit saja sebelum dan usai bertugas bisa langsung dimanfaatkan untuk mengolah lahan dan memberi makan ternak di lokasi tersebut.

Dari hasil yang didapatkan sangat membantu tambahan ekonomi keluarga,selain itu dalam bertani dan beternak tersebut dapat menambah ilmu dan pengetahuan baru, ini bisa untuk menjadi modal pengetahuan yang bisa digunakan bila nanti sudah pensiun dari prajurit ungkapnya (res/Penrem).

Komentar Anda