Friday, 19 April 2024 | 09:25 AM

Trending News
13 June 2019,06:20 PM

BangkaNews.id -- Gantung Bhabinsa Desa Batu Itam Serda Diyan Wahyudi anggota Koramil 414-03/ Gantung melaksanakan pendampingan kepada Bapak Faqih petani tambak ikan air tawar yang berada di Dusun Batu Air Desa Batu Itam Kec. Simpang Pesak Kab. Belitung Timur (Kamis 13/06/2019).

Ditengah situasi perekonomian yang di rasa masyarakat sulit Bhabinsa setempat memotivasi warganya Bapak Faqih dan kelompok tani lainnya untuk membuka lahan ex tambang timah untuk di jadikan tempat budidaya ikan karna mengingat lahan yang ada di Desa Batu Itam tempatnya strategis di pesisir pantai dan tidak jauh dengan jalan raya.

Babinsa Desa Air Itam ini menyampaikan " agar masyarakat membuat kelompok pembudidayaan ikan air tawar sehingga memiliki wadah atau organisasi yang terdaftar di Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Beltim".

Apabila sudah ada wadahnya atau kelompok budidaya ikan air tawar, kedepannya dapat mengajukan bantuan yang telah di anggarkan oleh Pemda Beltim seperti kelompok-kelompok Tani pada umumnya".

Apabila sudah terbentuk kelompok, masalah Tekhnis pemeliharaan ikan tawar, Kita selalu menjaga kebersihan, lingkungan, pengecekan PH air dan pakan ikan, hal ini akan mempengaruhi kwalitas ikan saat alam di panen".

Warga harus selalu menjaga kekompakan sesama pembudidaya serta saling berbagi informasi, baik prospek maupun kendala yang di hadapi dalam pemeliharaan ikan", Jelas Sang Babinsa. 

Selanjutnya Bapak Faqih menceritakan dulunya Saya sebagai petambang timah tapi sekarang lahan untuk di tambang sudah mulai susah dan timah susah di dapat dan beralih profesi menekuni budidaya ikan air tawar di sini ada tiga jenis yang bisa di budidayakan yaitu lele Dumbo,i kan Nila dan ikan Patin, jenis ini sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis sehingga pemasaran lancar baik pesanan dari rumah makan banyak juga di pesan sama masyarakat di sekitar tambak,terutama di saat hari libur banyak pengunjung yang hobbi memancing dan hasil pancingan bisa di masak di sini atau bisa di bawah pulang,"Jelas bapak. Faqih.

Kami selaku kelompok pembudidaya Ikan sangat berterimakasih atas Motivasi dari Bapak Babinsa masih bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi tambak ikan saya ini sehingga semangat kebersamaan dan kekeluargaannya bersama masyarakat tetap terjalin dengan baik"ungkapnya ( red)

Komentar Anda