Friday, 19 July 2019 | 04:22 AM

Pangkalpinang
24 June 2019,09:32 PM

BangkaNews.id -- PANGKALPINANG Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, membuka secara resmi Kegiatan Nasional Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Berprestasi dan Berdedikasi Ke-13.

Acara Pembukaan yang berlangsung di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Senin (24/6/2019) pagi itu, ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Wagub Abdul Fatah bersama Direktur Jenderal (Dirjen) GTK, Kemendikbud, Supriano, Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil, dan Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh.

Dalam sambutannya Wagub Abdul Fatah mengatakan, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi  Pemerintah Daerah dan masyarakat Babel, bahwa Kegiatan Apresiasi GTK PAUD Dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019, memberi kesempatan bagi Pangkalpinang selaku Ibukota Provinsi Babel sebagai tuan rumah.  

Pihaknya akan berupaya sebaik mungkin membantu panitia pusat, agar kegiatan ini dapat berlangsung tertib dan lancar sebagaimana yang harapkan bersama.

Menurut Wagub,  Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi sebagai agenda rutin setiap tahunnya, menjadi  wadah apresiasi berbagai inovasi yang dilakukan oleh GTK PAUD dan Dikmas. Dimana berbagai lomba diselenggarakan untuk menjaring terobosan dan karya terbaik dari GTK PAUD dan Dikmas.

Pengembangan serta inovasi yang telah dilakukan GTK PAUD dan Dikmas selayaknya mendapat apresiasi, agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan termotivasi.

PAUD dan Pendidikan Masyarakat memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa, terlebih lagi dalam menyongsong kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah cepat.

Sebagai ujung tombak, Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang ini, perlu terus mengembangkan kemampuannya dengan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini.

Sebagaimana tertuang dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2017-2022, Provinsi Babel sendiri berkomitmen kuat untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan.

Wagub juga mengajak para peserta agar di sela-sela kegiatan berlomba, untuk tidak lupa menikmati Pariwisata Babel. Ada banyak sekali destinasi dan objek wisata yang dapat jelajahi. “Kami berharap semuanya berkesan di hati bapak/ibu,  sehingga kemudian datang kembali bersama keluarga, kerabat dan kolega,” harapnya.    

Dirjen GTK Kemendikbud, Supriano, pada kesempatan sama mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemberian penghargaan bagi GTK PAUD dan Dikmas yang telah mengabdikan diri dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan tersebut.

Selain itu, kata Supriano, kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk ketigabelas kalinya ini, sebagai wadah bagi para GTK PAUD dan Dikmas untuk bertemu dan saling bertukar ilmu, meningkatkan wawasan, meningkatkan kompetensi, menjalin silaturahmi dengan sesama GTK dari 34 Provinsi, dan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Bagi para pemenang pada kegiatan ini, Pemerintah akan mengirimkan ke luar negeri untuk mendapatkan kursus singkat sesuai dengan kompetensinya.

“Bagi para peserta yang diberangkatkan ke luar negeri diharapkan dapat memberikan imbas positif kepada GTK PAUD dan Dikmas di daerahnya masing-masing,” pesan Supriano.

Sebelumnya, dalam laporannya, Ketua Panitia yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh menyampaikan, kegiatan ini diikuti sebanyak 445 peserta berdasarkan data konfirmasi kehadiran.

Dalam pelaksanaan lomba ini, dibagi dalam 22 kategori, yakni 11 kategori Lomba Pendidik Perorangan; 6 Kategori Lomba Tenaga Kependidikan Perorangan; 4 Kategori Lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Daerah Khusus, dan 1 kategori Lomba Kelompok.

Selama pelaksanaan yang dimulai hari ini hingga 26 Juni 2019, penilaian presentasi peserta akan dilakukan di 5 hotel di Kota Pangkalpinang, yaitu Hotel Santika, Novotel, Swiss Bell, Soll Marina, dan Sahid Bangka Hotel.

Pada saat bersamaan juga diselenggarakan Lomba Kelompok Pentas Seni dan Pameran Pendidikan dan Kebudayaan di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang.

Kegiatan pameran diikuti oleh satuan kerja Kemendikbud, PP/BP PAUD dan DIKMAS, OPD setempat, dan Asosiasi Profesi PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Usai Pembukaan, Wagub Abdul Fatah berkesempatan menggunting Pita tanda dibukanya Pameran dan dilanjutkan dengan peninjauan Stand yang ada di lokasi pelaksanaan kegiatan.(qiu)

Komentar Anda