Friday, 26 April 2024 | 12:54 AM

Babinsa-Desa-Sungai-Padang-Ajak-Masyarakat-Budidaya-Rumput-Laut
09 July 2019,01:26 PM

BangkaNews.id -- Sijuk (Kodim 0414/Belitung) Sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Babinsa (Bintara Pembina Desa) Koramil 01/Tanjungpandan Sertu Ahmad Saadi, melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat agar terus membudidayakan Rumput Laut bertempat di Desa Sungai Padang Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, (Selasa 9/07/2019).

Sertu Ahmad Saadi seijin Danramil 01 Tanjungpandan Mayor inf Trijoyo mengatakan bahwa "kegiatan pendampingan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membantu kesulitan masyarakat, meningkatkan taraf hidup warga binaannya yang selama ini ketergatungan terhadap profesinya sebagai Nelayan dan kesehariannya hanya menangkap ikan".

Dengan adanya terobosan baru ini pembinaan penanaman rumput laut ini bisa menjadikan mata pencaharian cadangan di saat gelombang besar sehingga para nelayan tersebut berhenti sementara untuk melaut menangkap ikan sudah ada alternatif lain dengan budi daya rumput laut".

Dengan dikembangkan sektor pembudiyaan rumput laut ini masyarakat tersebut dapat mewujudkan ketahanan pangan terutama meningkatkan taraf ekonomi dan tetap memberikan nafkah bagi keluarganya.

Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang turun langsung membantu masyarakat secara terus menerus harapannya akan memberikan semangat bagi masyarakat agar tetap membudidayakan rumput laut yang sudah mulai berkembang pesat di Desa Sungai padang ini.

Semakin banyak permintaan pasar yang membutuhkan bahan baku dari Rumput Laut sebagai bahan baku Makanan, Kosmetik, obat obatan dan lainnya, maka minat masyarakat semakin besar untuk ikut andil membudidayakan rumput laut 

Dalam hal ini tugas dan tanggungjawab seorang Babinsa di wilayah tersebut untuk terus melakukan pendampingan agar selalu menumbuhkan kembangkan semangat masyarakat sekitarnya dan sekaligus mengajak mereka agar terus melakukan budidaya Rumput Laut, � tegasnya.

Adapun kegiatan Babinsa bersama masyarakat yang sedang memelihara perkembangan rumput laut tersebut hanya memerlukan waktu sangat singkat, masa panen rumput laut, sekitar usia rumput laut 40 sd 50 hari.

Menanam rumput laut ini sangat mudah karena tidak memerlukan proses pemupukan, hanya saja harus selalu dibersihkan dari sampah serta menjaga jangan sampai tali yang mengikat rumput laut membelit / kusut karena ombak.

Sementara itu, Ketua Budidaya Rumput Laut Sekdis Kelautan dan Perikanan Kab. Belitung Bapak Idhamsyah menyampaikan, sangat terbantu sekali atas peran serta Babinsa Koramil 01/Tanjungpandan Sertu Ahmad Saadi yang bersedia turun langsung ke lapangan.

Sudah 3 poktan di bawah naungan Babinsa yaitu, Pok tani bapak Hani, budidaya rumput laut +- 1.200 titik,dengan kelompoknya berjumlah 3 org,
Pok bapak Sari berjumlah 2 org, Budidaya sebayak 4.000 titik,Sedangkan pok Babinsa sebanyak 11.000 titik,

Babinsa terus mensosialisasi kan kpd warga agar ikut membudidaya rumput laut, krn ini merupakan pekerjaan sampingan, selain pekerjaan pokok warga sebagai nelayan",

"Dengan kehadiran Babinsa yang turun langsung membantu budidaya Rumput Laut, maka harapanya akan meningkatkan penghasilan tambahan selain sebagai Nelayan,"pungkasnya.( red )

Komentar Anda