Friday, 19 July 2019 | 05:18 AM

Penyuluh-Agama-Islam-dan-Penyuluh-KB-Gelar-Pelatihan-Pengurusan-Jenazah
11 July 2019,09:23 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang wilayah Kecamatan Taman Sari, Ustadzah Trisnawati Arnia Ningsih, S.Ag. dan Ustadzah Mulyani, S.Pd.I., bekerjasama dengan Penyuluh KB Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Pangkalpinang, Auzi, menggelar kegiatan Seksi Agama Pokja Kampung KB berupa kegiatan pelatihan mengurus jenazah di Masjid Al Ulya, Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang pada Kamis, 11 Juli 2019.

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber Ustadz Syafi’i Salim tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB, dengan materi berupa teori dan praktek tata cara mengurus jenazah dan dihadiri oleh sekitar 21 orang tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Taman Sari.

Dalam kegiatan tersebut, Ustadz Syafi’i Salim selaku Narasumber menjelaskan secara gamblang tata cara pengurusan jenazah mulai dari ketika calon jenazah menghadapi sakaratul maut, memandikan jenazah, mengkafani, hingga menyolatkannya. Para peserta pun terlihat antusias mengikuti dan mempraktekkan setiap materi yang diberikan.

Terkait hal ini, Ustadzah Trisnawati mengungkapkan bahwa, Penyuluh Agama Islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama yang memiliki peranan cukup besar di tengah-tengah masyarakat. Kehadiran Penyuluh Agama Islam diharapkan dapat memberikan pencerahan dan dapat membimbing masyarakat dalam melaksanakan ajaran agama Islam secara baik dan benar, serta dapat membantu dalam setiap persoalan yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang agama Islam, termasuk dalam hal pengurusan jenazah.

Oleh karena itu, sebagai wujud tanggung jawab dan pelaksanaan tugas sebagai penyuluh agama Islam, maka kami pun berinisiatif menggandeng Penyuluh KB Dinkes PPKB Kota Pangkalpinang untuk mengadakan kegiatan pelatihan mengurus jenazah ini, sehingga diharapkan tercipta kaderisasi di masyarakat dalam hal pengurusan jenazah, tukas Trisnawati.

Senada dengan Ustadzah Trisnawati, Penyuluh KB Dinkes PPKB Kota Pangkalpinang, Auzi juga mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran mengenai tata cara pengurusan jenazah kepada para peserta dengan harapan agar dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap prosesi pengurusan jenazah tersebut. Dan diharapkan para peserta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan pada kegiatan tersebut dalam kehidupan masyarakat.( Gg )

Komentar Anda