Friday, 19 April 2024 | 07:14 PM

Pangkalpinang
15 July 2019,08:25 AM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 9 Embarkasi Palembang yang berjumlah 1248 orang yang berasal dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat dan Kota Palembang, serta 5 orang petugas kloter, diberangkatkan ke tanah suci dari Embarkasi Haji Palembang pada Senin, 15 Juli 2019.

Prosesi pemberangkatan JCH tersebut sudah dimulai sejak pukul 04.00. WIB, dimana seluruh JCH turun dari kamar asrama menuju Aula Asrama Haji untuk mengikuti pemeriksaan barang bawaan melalui scanner X Ray.

Tepat pada pukul 07.00 WIB, seluruh JCH mengikuti acara pelepasan yang dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, H. M. Alfajri Abidi, Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H.M. Ridwan, M.M., Plh. Kakankemenag Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. beserta para undangan lainnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel dalam sambutannya mengatakan, Embarkasi Haji Palembang tahun ini memberangkatkan 8545 orang JCH ke tanah suci dalam 19 kloter dan 1528 orang diantaranya merupakan JCH asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami juga mohon maaf atas keterbatasan dalam pelayanan terhadap JCH selama berada di Asrama Haji Palembang ini, dan terkait proses rekam Biometrik yang gagal dilakukan semalam karena terkendala jaringan, kami sudah berkoordinasi dengan Dirjen PHU Kemenag Pusat dan mereka pun menyatakan hal tersebut tidak menjadi masalah dan tidak akan mengganggu proses keberangkatan JCH," tukas Alfajri.

Ditambahkannya, seluruh JCH kloter 9 Embarkasi Palembang ini akan diterbangkan dari bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada pukul 10.00. WIB dan diperkirakan akan tiba di Madinah pada pukul 19.00 WIB atau pukul 15.00. WAS.

Selanjutnya para JCH pun mendengarkan pengarahan dan kata pelepasan yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H.M. Ridwan, M.M.

Dalam kesempatan tersebut Dr. H.M. Ridwan menyampaikan tiga pesan kepada para JCH, antara lain :

1. Luruskan niat untuk menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan diniatkan semata-mata karena Allah. Insya Allah seluruh hambatan dimudahkan Allah

2. Memahami tata krama dan menyesuaikan diri karena akan berjumpa dengan banyak orang dari berbagai negara.

3. Jaga kesehatan karena suhu udara akan begitu tinggi, jaga pola makan dan istirahat yang cukup, serta jangan memaksakan diri, terutama bagi JCH yang lanjut usia dan memiliki fisik lemah.

"Kepada para petugas kami juga berpesan, kloter ini ada di tangan anda, kami titipkan para jemaah di tangan anda, mohon untuk dipimpin dan dibimbing sehingga dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji agar dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," pesan Kakanwil.

Terakhir beliau juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel dan Asrama Haji Embarkasi Palembang karena sudah memfasilitasi seluruh JCH Babel selama berada di Embarkasi Palembang. ( Gg )

Komentar Anda