Saturday, 20 April 2024 | 06:36 PM

Pangkalpinang
18 July 2019,03:54 PM

BangkaNews.id -- Madinah,H. Abdul Rohim, salah seorang petugas kloter 9 PLM, kembali mengabarkan kondisi terkini jemaah haji Kota Pangkalpinang yang tergabung dalam kloter 9 PLM melalui pesan whatsapp(WA)kepada tim redaksi Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang pada Kamis,18 Juli 2019.

�Kami laporkan bahwa saat ini jemaah haji Pangkalpinang baru saja selesai melaksanakan ziarah ke berbagai tempat di kota Madinah dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah kenabian Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,tulis Rohim diawal pesan WA nya.

Dilanjutkannya,kegiatan para jemaah di kota Madinah ini diawali dengan salat subuh di Masjid Nabawi, setelah itu jam 6 pagi mereka berkumpul di lobby Hotel Taiba Rose nomor 212 untuk mengikuti kegiatan ziarah ke berbagai tempat yaitu, yang pertama ke pasar kurma,disana mereka bisa berbelanja berbagai macam jenis kurma yang ada di kota Madinah.

Setelah itu mereka berziarah ke Masjid Quba,yang seperti disebutkan dalam hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah,"barang siapa yang berwudhu kemudian salat dua rakaat di masjid ini, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala umroh,"

Ditambahkannya,Sekitar 30 menit berada di Masjid Quba, mereka kemudian melanjutkan ziarah ke masjid qiblatain, lalu kemudian ke khandaq yaitu situs sejarah tempat terjadinya perang khandaq,dan diakhiri dengan ke Jabal Uhud untuk menyaksikan napak tilas sejarah betapa peperangan uhud, ketika pasukan Rasulullah berada di bukit dan kemudian mereka lalai,lantas tempat itu direbut oleh pasukan Quraisy, sehingga dari situ mereka memanah dan menyerang tentara muslim Rasulullah yang ada di bawah, hampir 70 sahabat nabi wafat pada saat itu diantaranya sahabat-sahabat sayyidina Hamzah kemudian mushab bin Umair yang kuburnya masih ada terlihat di tengah-tengah tempat ziarah ini.

"Kami laporkan juga, kondisi jemaah saat ini dalam keadaan sehat walafiat, walaupun ada beberapa orang jemaah yang tidak bisa ikut ziarah dan diharuskan untuk beristirahat sejenak karena perjalanan masih panjang.Oleh karena itu tidak di paksakan kepada jemaah tersebut untuk ikut ziarah bagi yang memang kondisi tubuhnya tidak begitu fit,� imbuhnya. 

Selanjutnya, pada pukul 10.00. WAS para jemaah yang berziarah sudah berada kembali di hotel dan akan istirahat untuk kemudian bersiap-siap menuju ke masjid Nabawi guna melanjutkan ibadah arbain.

Diinformasikannya juga, para jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam kloter 7, 8, dan 9 PLM juga sering bertemu, baik dengan petugas kloter maupun dengan para jemaah lainnya untuk saling bertukar informasi, salah satunya terkait penggunaan kartu telepon seluler, karena sebagian ada yang bisa mempergunakannya dengan mempergunakan kartu seluler tanah air tapi sebagian juga harus membeli kartu seluler yang ada di Arab Saudi seperti Zain mobile dan lain sebagainya. ( Gg )

Komentar Anda