Saturday, 07 December 2019 | 03:03 AM

Jemaah-Haji-Pangkalpinang-Diberangkat-Menuju-Arafah-
08 August 2019,09:10 PM

BangkaNews.id - - Mekkah Mendekati hari pelaksanaan wukuf di padang arafah, kembali H. Abdul Rohim, pembimbing Ibadah Jemaah Haji Kloter 9 Palembang (PLM), melaporkan kondisi terkini jemaah haji Kota Pangkalpinang yang tergabung dalam Kloter 9 PLM bersama jemaah haji asal Kabupaten Bangka Barat dan Kota Palembang lewat pesan Whatsapp kepada Penyusun Berita Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang pada Kamis, 08 Agustus 2019.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kami laporkan bahwa, saat ini bertepatan dengan tanggal 7 Dzulhijjah, jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam Kloter 9 PLM, sudah bersiap untuk menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Dan persiapan-persiapan dalam rangka hal tersebut pun telah semakin dimatangkan oleh seluruh petugas Kloter,tulis H. Rohim diawal pesa WA nya.

Dilanjutkannya, setelah mengadakan survei lapangan untuk penempatan tenda di Arafah, Muzdalifah dan Mina, maka esok harinya para petugas Kloter pun mengadakan pembinaan, pemantapan persiapan keberangkatan.

Pemantapan ini dilaksanakan 2 sesi, karena Musholla maktab tidak memungkinkan untuk menampung jemaah dengan jumlah satu kloter, sehingga pemantapan ini pun dilakukan dalam dua sesi.

Sesi pertama dari pukul 8 sampai pukul 10 pagi untuk rombongan 1 sampai 5, kemudian sesi kedua dari pukul 10 sampai pukul 12 untuk rombongan 6 sampai 10.

Semalam juga, kata H. Rohim, petugas kloter sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan para Karu dan karom dalam rangka memberikan informasi-informasi terkini untuk disampaikan kepada para jamaah agar mereka dapat mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju arah Armuzna tersebut.

“Kami sampaikan juga, bahwa jemaah haji Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat dan Kota Palembang, saat ini sudah semakin matang persiapannya karena kita sudah sampaikan pada setiap kali pertemuan, penjelasan-penjelasan tentang hakikat haji serta ritual prosesi perjalanan ibadah haji,” imbuhnya.

Diinformasikannya juga, situasi kondisi kota Mekkah saat ini, sudah mulai padat karena seluruh jemaah haji dari seluruh dunia sudah berkumpul di kota Mekkah dan mulai besok, tanggal 8 Dzulhijjah, semuanya akan diberangkatkan menuju Arafah.

“Ada juga sebagian jemaah yang mengambil tarwiyah, yaitu mereka menuju Mina pada malam tanggal 8 Dzulhijjah untuk menginap di sana dan tanggal 9 Dzulhijjah pagi, mereka baru berangkat menuju Arafah,” lanjutnya.

Untuk jemaah haji Kloter 9 PLM, kata H. Rohim, tidak ada yang mengambil tarwiyah, semuanya dari hotel atau dari maktab, langsung diberangkatkan menuju Arafah pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Ditambahkannya, kondisi kesehatan jemaah haji Kloter 9 PLM pada saat ini masih cukup baik, dari 442 jemaah dan 5 petugas, ada 1 jemaah yang sekarang masih dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Kota Mekkah. 

Dan kami masih menunggu informasi untuk penjemputannya, karena beliau dikabarkan juga sudah sehat dan akan segera dipulangkan ke maktab. 

Sementara yang berada di maktab saat ini banyak yang sedang dalam kondisi beristirahat total karena tidak bisa lagi ke Masjid Al-Haram sehubungan dengan tidak adanya lagi layanan Bis Bersholawat.

“Untuk pemberangkatan dari kota Mekkah menuju Arafah, Kloter 9 PLM akan menempati urutan ke 9 dan akan berada di Maktab 54 yang terdiri dari 7 kloter, yaitu 3 kloter dari Jakarta dan Bekasi, serta Kloter 9, 12, dan 13 PLM. 

Dan segala sesuatunya juga sudah dikoordinasikan dengan pihak maktab, terkait pemberangkatan dari Mekah menuju Arafah, dari Arafah menuju Muzdalifah, dan dari Muzdalifah menuju Mina. Lalu selanjutnya nanti akan kembali ke hotel setelah tanggal 13 Dzulhijah.” Pungkasnya. ( Gg )

Komentar Anda