Monday, 14 October 2019 | 01:15 PM

Trending News
27 September 2019,09:44 AM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Dalam rangka kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 2019, Pemprov Babel gelar Talkshow PRB 2019 bersama Stasiun Televisi Republik Indonesia, di La Terrace Bistro Pangkalpinang (27/09/2019).

Hadir dalam Talkshow tersebut, Deputi Sistem Data dan Strategi BNPB, Wisnu Wijaya, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Walikota Pangkalpinang, Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa, Direktur PT. Timah Tbk, Komunitas yang tergabung dalam Babel Peduli, serta awak media.

Deputi Sistem Data dan Strategi BNPB, Wisnu Wijaya mengatakan pendekatan PRB 2019 ini memperhatikan faktor lingkungan. Pasalnya 95 persen bencana di Indonesia karena cuaca dan Faktor cuaca ini tidak lain ialah tidak ramah lingkungan.

Diakuinya, sengaja memilih Bangka Belitung menjadi tuan rumah ialah melihat percontohan, seperti komunitas nya sangat bagus. " Bulan PRB itu adalah bentuknya sharing, biar tempat lain bisa melihat bagaimana lingkungan yang di Bangka Belitung ini sangat luar biasa saling bahu membahunya," ungkapnya.

" Banyak aktifitas nya dalam mengantisipasi pengurangan resiko bencana, penggiat kebencanaannya juga, supaya terbentuk networking. Kalau ada network atau jaringannya kita sadar bahwa dalam menghadapi benacana itu tidak sendiri, harus saling bantu apalagi saat terjadi bencana," terangnya.

Lanjut, diakui Wagub Babel, Abdul Fatah merasa senang Bangka Belitung menjadi tuan rumah dalam pelaksanaa Bulan PRB 2019 ini. " Banyak hal yang bisa kita angkat dalam agenda ini seperti melalui kearifan lokal, kaya dengan tambang, perikanan, pariwisata dan lain - lain yang menjadi nilai jualnya," ungkapnya.

Dulunya Babel itu ialah hutan lebat, banyak pelajaran yang bisa diambil dari orang terdahulu. Misalkan pengorbanannya dalam mengorbankan hutan untuk menjadi permukiman, tapi diganti dengan membuat hutan lainnya.

" Makanya dalam ini, salah satunya kita akan membudayakan atau melestarikan alam seperti orang terdahulu di Babel, yakni dengan memperkenalkan kelekak Nusantara kepada seluruh Provinsi yang ada di Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa secara lahir dan bathin, siap mensukseskan kegiatan PRB 2019 si Babel. " Kami langsung bergerak dan menghimpun seluruh komunitas yang tergabung dalam Babel Peduli. Serta Kami akan coba memperkenal kearifan lokal berbasis ekosistem dan investasi yakni Kelekak Nusantara," ungkapnya ( La )

Komentar Anda