Friday, 22 November 2019 | 12:59 PM

Trending News
28 October 2019,11:52 PM

BangkaNews.id -- BOGOR - Ratusan pemuda dari berbagai organisasi mengadakan bersih bersih sampah di sepanjang aliran kalibaru yang berada di Desa Sukaraja dan Desa Cikeas Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor,( 28-10-2019 )

Aksi peduli lingkungan tersebut melibatkan sejumlah organisasi diantaranya Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Korwil Kota Bogor, Himpunan Pemuda Sukaraja (HPS), Karang Taruna Desa Sukaraja, Desa Gunung Geulis, Desa Nagrak, Desa Cimandala, Desa Cijujung dan Karang Taruna Kp. Babakan Desa Cikeas, kelompok Ecovilege Desa Sukaraja. Kegiatan ini dipandu oleh satgas penanggulanan Bencana (PB) Kecamatan sukaraja dan komunitas Jampdas yang terjun langsung membersihkan sungai.

Pembina FPII Korwil Kota Bogor, R. Mursid mengungkapkan, sangat mendukung aksi gerakan pemuda sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ia berharap kegiatan yang mulia ini harus menjadi agenda rutin  dan jangan hanya sebatas acara serimonial saja.

"Aksi bersih bersih ini salah satu upaya meminimalisir limbah sampah yang mencemari saluran air kalibaru, tentunya upaya ini juga harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat terutama yang berda di sepanjang kali ini dengan tidak membuang sampai ke sungai" ungkap R. Mursid, yang juga Ketua Jaringan Masyarakat Peduli Daerah Aliran Sungai (Jampedas).

Sementara ketua penyelenggara, Anto mengatakan kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Dimana sejumlah organisasi kepemudaan di wilayah kecamatan Sukaraja turut serta dalam aksi peduli lingkungan tersebut

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini salah satunya yaitu pengelola Rafting Kalibaru yang membatu menyediakan perahu karet, rompi plampung dan lain lain, juga kepada Jampedas atas bimbingan dan motivasinya dalam hal pelestarian lingkungan"  kata Anto yang didampingi, Ardi ketua karang taruna Desa Sukaraja. 

Sumber : FPII Korwil Kota Bogor/red

Komentar Anda