Sunday, 15 December 2019 | 09:54 AM

Kegiatan-Peningkatan-Layanan-KUA-Berbasis-IT-Di-Lingkungan-Kantor-Kemenag-Kota-Pangkalpinang
21 November 2019,07:26 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan kegiatan

,"Peningkatan Layanan KUA Berbasis IT” dengan tajuk “Meningkatkan Kinerja KUA yang Profesional dan Akuntabel” bertempat di PIA Hotel Pangkapinang pada Kamis, 21 November 2019.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor, H. Abdul Rohim, S.Ag, M.H. didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha, Eyde Tusewijaya, S.E. M.M. dan Kasi Bimas Islam, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., serta diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan para Kepala KUA, Staf KUA dan para operator di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dengan narasumber berjumlah 3 orang yang berasal dari Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dan Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Bhayu Dharma Kusumah, S.E.. dalam laporan yang dibacakannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan terciptanya pelayanan pencatatan nikah berbasis IT yang prima pada KUA Kecamatan dan meningkatnya kinerja para Kepala dan Staf KUA Kecamatan, sehingga dapat meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik pada Kantor Urusan Agama Kecamatan di wilayah Kota Pangkalpinang.

Sementara Kepala Kantor, H. Abdul Rohim dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, dewasa ini, layanan berbasis Informasi Teknologi (IT) merupakan suatu keharusan yang harus diterapkan guna memangkas alur birokrasi. Dan hal tersebut seyogyanya diterapkan di seluruh sendi pelayanan instansi pemerintah, termasuk Kantor Urusan Agama.

“Bimtek Peningkatan Layanan KUA berbasis IT ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan penerapan Aplikasi SIMKAH, penguatan sistem informasi data yang terpusat, terkait data peristiwa nikah, potensi SDM maupun sarana dan prasarana. Disamping itu juga untuk memberikan pemahaman tentang paradigm baru layanan KUA di era digital,” jelas Rohim.

Beliau pun berharap, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan baik dan menerapkan ilmu yang didapat pada satker masing-masing, guna terselenggaranya layanan administrasi yang baik dan terciptanya pelayanan terhadap masyarakat secara optimal. (gaga/01)

Komentar Anda