Wednesday, 11 December 2019 | 12:25 PM

58-Prajurit-Korem-045/Gaya-Ikuti-Tes-Garjas-UKP-Periode-1-April-2020
22 November 2019,11:57 AM

BangkaNews.id --- Namang Sebanyak 58 personel Korem 045/Garuda Jaya dan jajaran melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 April 2020 di hadiri langsung oleh Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) II/Sriwijaya Kolonel Inf M. Arif Suryandaru, bertempat di lapangan Makorem 045/Gaya dan Kolam Renang Sungailiat.Jumat (22/11/19).

Komandan Korem 045/Gaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman  melalui Kepala Seksi Personel (Kasipers) Letkol Arm Bontor Karo Karo menyampaikan, bahwa tes Garjas tersebut sebagai syarat untuk berhasilnya seorang prajurit dalam meniti kariernya sebagai prajurit TNI. "Kegiatan Garjas yang dilaksanakan ini sebagai syarat yang harus dipenuhi setiap prajurit dalam rangka UKP satu tingkat lebih tinggi", kata Kasipers.

Oleh karenanya, lanjut Ksipers, kepada setiap prajurit jajaran Korem 045/Gaya harus dapat secara maksimal mencapai nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori usia prajurit yang bersangkutan. "Bila tidak memenuhi kriteria yang ditentukan, otomatis prajurit tersebut tidak dapat diusulkan kenaikan pangkatnya", jelasnya.

Sementara itu, Kepala Jasmani Korem (Kajasrem) 045/Gaya Kapten Inf Hasan mengatakan, pelaksanaan Garjas UKP kali ini diikuti 58 personel dari Makorem 045/Gaya, Kodim 0413/Bka, Kodim 0414/Blt, Kodim 0431/Babar serta Balak Jajaran Korem 045/Gaya "Sebelum melaksanakan Garjas, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Denkesyah Palembang", ungkap Kajasrem.

Pelaksanaan Tes Garjas UKP kali ini meliputi Tes Kesegaran "A" yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit dan Tes Kesegaran "B" meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Longhes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run. Selain itu juga dilaksanakan Tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter. "Jika tidak memenuhi standar nilai yaitu 51, maka personel tidak bisa diajukan dan harus menunggu satu periode kedepan untuk diajukan lagi UKP-nya", terang Kapten Hasan.( red )

Komentar Anda