Sunday, 09 August 2020 | 12:10 PM

*Bicarakan-Penanganan-Narkoba,-Sekcam-Rangkui-Terima-Kunjungan-BNN-Pangkalpinang*
14 January 2020,07:54 PM

BangkaNews.id, Pangkalpinang -- Sekretaris Kecamatan Rangkui, Rozi, menerima kunjungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, di kantornya, Selasa (14/01/2020).

Kunjungan berlangsung dalam sebuah pertemuan, sekaligus mendorong sosialisasi gerakan Kampung Bersih dari Narkoba (Bersinar).

"Kegiatan ini dilakukan untuk memupuk tali silaturrahim dan lebih khususnya berkenaan penanganan narkoba di Kecamatan Rangkui dan Kota Pangkalpinang umumnya," kata Kepala BNN Kota Pangkalpinang, AKBP. Ichlas Gunawan.

Ia mengatakan, BNN terus mendorong camat dan lurah di Kecamatan Rangkui untuk lebih berperan dalam mensosialisasikan gerakan Kampung Bersinar. Gerakan ini diharapkan bisa terus menekan angka penyalahgunaan dan peredaran narkoba di tengah masyarakat Pangkalpinang.

Dikatakan, tahun lalu pihaknya sudah membentuk Kampung Bersinar di Kelurahan Melintang dan Masjid Jamik, Kecamatan Rangkui. Namun upaya tersebut belum dilaksanakan secara maksimal, sehingga gaungnya kurang terdengar di tengah masyarakat.

Bahkan, tambahnya, masih terdapat beberapa kelurahan di  Kecamatan Rangkui yang belum tersentuh secara khusus dan memerlukan penanganan.

Sebab itu, sebut Ichlas, peran aktif pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu dibutuhkan suatu gerakan bersama dalam membersihkan lingkungan masyarakat dari bahaya narkoba, salah satunya melalui gerakan Kampung Bersinar.

Dia berharap, Kampung Bersinar yang telah dibentuk di sejumlah kelurahan mampu mengurangi persoalan narkoba yang merambah aspek kehidupan masyarakat.

"Saya mengharapkan bantuan pihak kecamatan dan kelurahan untuk bersama-sama mengadakan kegiatan sosialisasi dan turun langsung membentuk Kampung Bersinar yang melibatkan komponen masyarakat, RT/RW, karang taruna, lembaga pemberdayaan masyarakat, kelurahan tangguh bencana dan pekerja sosial masyarakat yang ada di kelurahan," imbuhnya.

Sekretaris Kecamatan Rangkui, Rozi, mengapresiasi gerakan Kampung Bersinar yang digiatkan oleh BNN. Pihak kecamatan akan terus mendukung berbagai kegiatan positif termasuk dalam penanganan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Hasil pertemuan ini akan saya sampaikan kepada Pak Camat sebagai kepala OPD, untuk mengambil langkah selanjutnya," kata Rozi. (IM/R)

Komentar Anda