Sunday, 23 February 2020 | 09:58 PM

Bangka Tengah
17 January 2020,05:41 PM

BsngkaNews.id, Namang -- Penrem 045/Gaya) Sebagai wujud dari dukungan yang sangat besar dalam mewujudkan ketahan pangan di Kab. Bangka Tengah, Danrem 045/Gaya yang diwakili oleh Pasi Binwanwil Mayor Chb. Nawawi menghadiri kegiatan tanam padi awal tahun 2020, Jumat (17/02/2020) di persawahan Namang Kec. Namang Kab. Bangka Tengah.

Pembuatan Persawahan di desa Namang merupakan kerjasama antara Pemda Bangka Tengah dengan Korem 045/Garuda Jaya. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya komuditas pangan di Kab. Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M merasa sangat berterimakasih kepada Korem 045/Gaya yang telah bersama-sama mendampinginya dalam proses pembuatan persawahan di desa Namang. Persawahan desa Namang bukanlah untuk pemenuhan kebutuhan Kab. Bangka Tengah, tapi untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Untuk itu dituntut agar menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi. Saat sekarang ini tidak lagi di tuntut luas tambah tanam, namun lebih ditekankan kepada hasil yang maksimal.

Ibnu Saleh memperkenalkan sebuah pupuk organik MA11 untuk peningkatan unsur hara tanah. Diketahui melalui uji sample bahwa unsur hara areal persawahan  desa namang sangatlah sedikit, kurang dari 10%. Untuk itu perlu ditingkatkan dengan menggunakan MA11 pada saat sebelun diolah, untuk meningkatkan tingkat kesuburan. Jadi mudah-mudahan dapat mendapatkan hasil produksi 8 Ton per Hektar. Sementara saat ini hanya berkisar 4-4,5 Ton per Hektar. Untuk itu agar selalu berkoordinasi dengan PPL sebagai orang yang memang memiliki ilmu dalam pertanian dan juga selalu berdoa kepada Tuhan untuk mencapai yang optimal.

Hadir dalam kegiatan tanam padi di Namang Kab. Bangka Tengah adalah Bupati Bangka Tengah, Kepala BPTP, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Camat Namang dan Pasiter Kodim Bangka serta Danramil Pangkalan Baru.(Na)

Komentar Anda