Sunday, 29 March 2020 | 01:21 AM

Pangkalpinang
20 February 2020,09:06 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Meningkatnya curah hujan yang ada di Prov. Bangka Belitung ini membuat kantor pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi musibah Bencan alam atau kecelakaan laut, Kamis (20-02-2020).

,"Diantara kesiapsiagaan tersebut antara lain melakukan pengecekan ALUT (alat utama) dan peralatan yang memadai dan siap untuk digunakan, namun dalam penggunaan alut dan peralatan tersebut, rescuer di tuntut anggota dalam kondisi fisik yang prima.

Maka dari itu kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang hari ini  melaksanakan kegiatan uji tes fisik kepada seluruh rescuernya bertempat di Gor Sahabudin Bangka Tengah dan Kolam Renang Swim Bath Bukit Baru.

Tes Fisik ini di lakukan setiap 3 bulan sekali, yang sebelumnya para rescuer melaksanakan kesampataan 3 kali dalam seminggu, dan pada hari ini para rescuer dinilai dan diawasi oleh Kasubsie Sumber Daya Syamsul Pudianto, S.Sos, penilaian ini berguna untuk pengembangan fisik para rescuer, juga untuk analisa kemampuan para individu rescuer itu sendiri selanjutnya mereka dapat mengembangkan dan berlatih apabila ada yang kurang, untuk yang sudah mencukupi nilai rata - rata atau dikatakan lulus maka harus di pertahankan. diantara tes fisik tersebut yaitu lari sejauh 2400 m , pushup, sit up dan renang dengan 2 gaya, tak lupa juga water terapan atau mengapung di atas air. 

Menurut Fazzli S.A.P selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Mengungkapkan "Kita harus selalu menjaga fisik para rescuer yang di kantor maupun di pos - pos SAR, karena para rescuer adalah ujung tombak dari Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), bagaimana mereka mau membantu orang lain seandainya fisiknya tidak di jaga, maka saya selaku atasan mereka harus selalu mengawasi dan membina dengan baik, sehingga kebutuhan akan pelayanan SAR dapat di jalankan dengan baik oleh institusi kita ini,"ungkapnya. ( La )

Komentar Anda