Wednesday, 27 May 2020 | 05:15 PM

Pangkalpinang
13 March 2020,08:22 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Bertempat di Gedung Kampus Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Pangkalpinang dan di lingkungan Kampus diadakannya Simulasi Kebencanaan yang Bertema," Disaster Nursing Management," Peran Perawat Pada Fase Cepat Tanggap Dan Recovery Dalam Kejadian Bencana. Jumat (13-03-2020).

Kegiatan Simulasi ini dipimpin langsung oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Provinsi Kep. Bangka Belitung Aswind, Kasi KedaruratanHardiansyah serta bersama dengan Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Babel.

Adapun Peserta yang terlibat dalam Simulasi dan Evakuasi Mandiri ini terdiri dari Mahasiswa/ Mahasiswi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Pangkalpinang dari berbagai Tingkatan. Dalam kesempatan ini pula Tidak hanya sebatas Simulasi Kebencanaan saja yang diberikan tetapi Peserta juga diberikan dan dibekali Mengenai Edukasi Bencana. Penyampaian Materi Kebencanaan yakni dengan Spesifikasi Bencana Gempa Bumi disampaikan Langsung oleh Aswind di kelas, Berbagi Tips atau Langkah - langkah apa saja yang dilakukan pada saat terjadi Gempa Bumi bila di dalam gedung serta memberikan edukasi mengenai Tas Siaga Bencana. Selanjutnya Materi mengenai PPGD (Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat) dipaparkan oleh Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD BABEL. 

Mendalami mengenai Materi PPGD, PPGD adalah serangkaian usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan Korban dari Kondisi Darurat yang berdampak pada Kematian.

Tujuan Pertolongan Pertama ini dimaksudkan. Menyelamatkan nyawa Korban, Meringankan penderitaan Korban, Mencegah Cedera/ Penyakit menjadi lebih parah, - Mempertahankan daya tahan korban serta Mencarikan pertolongan yang lebih lanjut. Kemudian Akses Dini (Rantai Pertama), Keadaan Darurat diketahui dan melaksanakan Prosedur Keadaan Darurat. Saksi mata yang mengetahui Kejadian Menghubung pihak terkait yang sudah ditetapkan.dan mengisi data pelapt sebagi contoh yakni.Nama Pelapor Lokasi Kejadian Kondisi Korban cidera yang dialami dan yang terakhi adalah jumlah Korban.

Sedangkan Prinsip utama PPGD adalah penyelamatan Korban pada kondisi gawat darurat. Kemudian filosofi dalam PPGD adalah *Time Saving is Life Saving* dalam artian bahwa seluruh tindakan yang dilakukan pada saat kondisi gawat darurat haruslah benar-benar efektif dan efisien, Karena pada kondisi tersebut Korban dapat kehilangan nyawa dalam hitungan menit saja.

Dan Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya kami siap memfasilitasi kegiatan tersebut.," Ungkapnya. ( La/Hms )

Komentar Anda