Wednesday, 27 May 2020 | 03:52 PM

Bangka Barat
06 April 2020,08:43 AM

BangkaNews.id -- PT. Timah bersama tiga organisasi di Bangka Barat sepakat meluncurkan program Cegah Corona dimulai Dari Saya (CERDAS) sebagai langkah yang tepat dalam pencegahan penyebaran virus covid 19.

PT. Timah yang diwakili Kepala Unit Metalurgi (Unmet) bersama organisasi LSM Laskar Hijau, PD Pemuda Muhammadiyah, dan Pemuda Hijau akan mendistribusikan 10 unit sarana cuci tangan pakai sabun di tempat-tempat keramaian di wilayah Mentok, Jebus, dan Parit Tiga.

Ketua LSM Laskar Hijau, Wahyudi saat ditemui di sekretariat Laskar Hijau, minggu (5/4/2020) menyampaikan apresiasinya kepada PT. Timah karena telah mengambil langkah intervensi yang tepat.

"Kami bersama PT. Timah meyakini bahwa dalam pencegahan penyebaran virus corona ini, langkah yg paling tepat adalah menjaga kesehatan diri dengan rutin mencuci tangan pakai sabun. Program CERDAS ini salah satunya adalah dengan meletakkan sarana cuci tangan di area keramaian seperti pasar, sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan akses untuk menjaga diri dari penyebaran virus corona. Jadi, tidak hanya sekedar himbauan, namun lengkap dengan fasilitasnya" kata Wahyudi.

Selain itu, Wahyudi juga menilai, kepedulian PT Timah ini selaras dengan prinsip Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

"PT. Timah memulainya dengan berkolaborasi bersama masyarakat, salah satunya dari organisasi. Kemudian melakukan _community analysis_, artinya ada kebutuhan prioritas di masyarakat salah satunya akses cuci tangan ini. Pola ini adalah bagian dari Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Pola-pola seperti ini yang diharapkan terus mengakar di PT. Timah" Tambah Wahyudi. 

Wahyudi juga menghimbau, pencegahan serupa agar dilakukan juga oleh BUMN dan perusahaan swasta yang lain. 

"Dalam Surat Edaran menteri BUMN nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran covid 19 jelas dimaksudkan sebagai panduan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran covid 19 di lingkungan kerja dan pusat-pusat layanan publik. Serta perlindungan resiko yang mengancam kesehatan pegawai dan masyarakat. Jadi kami tunggu keterlibatan bank-bank BUMN, Bank Pembangunan Daerah, serta sektor swasta lainnya seperti perusahaan sawit untuk ikut berpartisipasi melakukan pencegahan penyebaran virus di masyarakat" tutup Wahyudi.

Sementara itu, ketua PD Pemuda Muhammadiyah Bangka Barat, Syasri Ekozat menganggap langkah pencegahan melalui program CERDAS bersama PT. Timah ini sangatlah penting.

Syasri menambahkan bahwa program ini juga dalam rangka edukasi ke masyarakat karena sejak dulu masyarakat sudah dihimbau untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya adalah mencuci tangan pakai sabun, namun karena kurangnya akses, himbauan itu sulit diterapkan diluar rumah. 

"Manfaatnya tentu saja bukan hanya sekedar pencegahan virus corona, tapi juga untuk penyakit lain, karena tangan yang tidak bersih akan berdampak pada kesehatan masyarakat" sambung Syasri.

Di tempat terpisah, Kepala Unmet Mentok PT. Timah, Wiyono menjelaskan bahwa PT. Timah siap mendukung semua kegiatan dalam rangka pencegahan covid 19 dan siap melakukan kolaborasi kerjasama dengan semua pihak di Bangka Barat.

"Sebagai salah satu BUMN, kami merasa memiliki tanggungjawab terhadap masyarakat untuk mengantisipasi resiko-resiko yang mengancam kesehatan terkait menyebarnya wabah virus covid 19 ini" tutup Wiyono. (SE/Red)

Komentar Anda