Wednesday, 27 May 2020 | 03:25 PM

Trending News
19 April 2020,09:58 PM

BangkaNews.id, Pangkalpinang -- Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bagikan puluhan ribu masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Melalui gerakan "10 Ribu Masker untuk Babel", PSKS yang terdiri Pengurus Karang Taruna Provinsi Babel, TKSK Babel, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) bersama Forum CSR dan PT PLN Bangka, membagikan masker melalui door to door dan kepada para pengendara.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Dinas Sosial Provinsi Babel, Doddy Dirnadi SE mengatakan, peran aktif PSKS sangat diperlukan dalam melawan virus Covid-19 yaitu dengan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan masker sebagai alat pelindung diri (APD) dalam beraktifitas di luar rumah, sesuai rekomendasi WHO dan pemerintah.

Melalui gerakan 10 Ribu Masker untuk Babel, sebutnya, PSKS sebagai perpanjangan tangan dinas sosial di lapangan sangat berperan karena berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Sabtu (18/04/2020) kemarin, PSKS Babel bergerak di  Bangka Tengah yakni di Desa Lingkuk Kecamatan Lubuk Besar, melalui sosialisasi dan pembagian masker ke rumah-rumah warga serta kepada para pengendara di jalan-jalan," ungkap Doddy, di Pangkapinang, Minggu (19/04/2020).

Mereka akan terus membagikan masker gratis tersebut melalui dukungan PT PLN dan Forum CSR Babel bersama dinas sosial provinsi.

"Masker ini bantuan dari dunia usaha seperti PT PLN dan Forum CSR Babel sehingga terkumpul 10 ribu msker," tambahnya.

Pengurus Karang Taruna Provinsi Babel, Tatang Hidayat, mengungkapkan penanganan Covid-19 menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, dunia usaha maupun komponen masyarakat. Sebab itu karang taruna yang tergabung dalam PSKS merasa terpanggil untuk peduli membangun kesadaran masyarakat agar bisa menjaga kesehatan pribadi, lingkungan dan orang lain.

"Kita membantu upaya mengedukasi cara-cara pencegahan dan penularan corona melalui sosialisasi agar masyarakat menerapkan physical distancing dan memakai masker dalam melakukan kegiatan di luar rumah," ujar Tatang.

Dengan turun langsung ke desa-desa, dia berharap masyarakat lebih sadar untuk menjaga diri dari pandemi Covid-19. Sehingga langkah ini turut membantu menekan peningkatan kasus ODP, PDP maupun status positif.

Senada diungkapkan Koordinator TKSK Provinsi Babel, Gustina Aromarini. Menurutnya, TKSK yang tersebar di setiap kecamatan selalu siap bergerak untuk melakukan sosialisasi edukasi hingga pembagian masker. Dengan demikian dapat mencegah masyarakat terpapar Covid-19.

"Selain upaya nyata, kita juga berdoa semoga wabah Corona segera berakhir dan masyarakat dapat kembali dapat beraktifitas normal. Mari mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan selalu memakai masker dalam beraktifitas di luar," ajaknya. (IM)

Komentar Anda