Friday, 19 April 2024 | 04:27 PM

Otomotif
06 March 2018,04:47 PM

BangkaNews.ID Jakarta - Jorge Lorenzo mengomentari performa Desmosedici GP18 setelah rangkaian tes pramusim. Sempat merasa cocok, ia menganggap motornya belum terasa natural, mengapa demikian?


Pada hari terakhir tes Sepang - di mana Lorenzo memecahkan rekor lap tercepat - pembalap Spanyol itu merasa motor yang disiapkan Ducati saat ini lebih sesuai dengan gaya membalapnya.

Namun perlahan, hal tersebut berubah seiring berjalannya pramusim. X-Fuera mengaku tidak nyaman dengan motornya di Thailand.

Lorenzo mengakhiri rangkaian pramusim di posisi 10. Ia tertinggal 0,3 detik dari rekan satu timnya, Andrea Dovizioso, namun unggul tipis atas pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, yang juga menggunakan GP18, seperti dikutip dari idmotorsportcom.

Pembalap Spanyol itu mengungkapkan tiga tes pramusim tidaklah cukup untuk sepenuhnya mengembangkan motor, dan membuatnya terbiasa dengan motor barunya.

"Kami hanya memiliki tiga hari tes, jadi sangatlah kecil untuk membuat perubahan besar selama pramusim. Itulah mengapa kami masih memiliki margin besar untuk peningkatan di masa depan," ujar Lorenzo.

"Saya tidak merasa motor ini alami bagi saya, saya masih tidak merasa ini benar-benar motor saya.

"Ini adalah soal pemahaman bagaimana set-up terbaik, kombinasi terbaik untuk gaya membalap saya. Dan saat itu terjadi, saya akan bertarung untuk posisi teratas, bertarung untuk kemenangan dan hasil baik.

Meski demikian, Lorenzo tetap yakin GP18 merupakan langkah maju dari versi sebelumnya. Walaupun ia juga menyadari pabrikan rival mengalami peningkatan.

"Kami jelas melakukan langkah maju dibanding musim lalu, tapi yang lain juga meningkat," tambahnya.

"Honda melakukan peningkatan signifikan pada mesin, Suzuki juga berjalan dengan baik, begitupun Yamaha, seperti yang ditunjukkan [Maverick] Vinales.

"Motornya kompetitif, tapi setiap pembalap membutuhkan konfigurasi dan set-up yang berbeda. Kami harus memahami apa yang bagis bagi Anda, ergonomi motor, semuanya.

"Dalam kategori ini, evolusi tidak pernah berhenti bagi semua pabrikan. Anda harus selalu berjuang untuk memperbaiki sepersepuluh demi sepersepuluh detik pada setiap bulan.� (*) 

Foto oleh: Gold and Goose / LAT Images

Komentar Anda