Friday, 19 April 2024 | 03:22 AM

Pariwisata
03 July 2018,02:06 PM

BangkaNews.Id - Pangkalpinang, Babel BETTA Community akan menyelenggarakan ajang perlombaan International BETTA Competitions bagi penghobi ikan Betta Splendens atau yang lebih dikenal dengan ikan Cupang hias. Acara sendiri akan berlangsung pada tanggal 6-8 Juli 2018 bertempat di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa ( 03/07 ).

Peserta International Betta Competitions ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara. Peminatnya, bahkan dari mancanegara salah satunya Malaysia,Thailand,Vietnam,Filipina,Taiwan,Singapura.

Perry Shaq selaku ketua pelaksana kegiatan kontes ketika ditemui awak media mengatakan pada pelaksanaan kontes yang ke tujuh ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Jika tahun sebelumnya panitia ataupun juri menggunakan sistem penilaian Standard Nasional, dan untuk saat ini Juri penilaian menggunakan sistem penilaian Standard Internasional Betta Congress (IBC) dan di Pangkalpinang sendiri baru pertama kalinya menggunakan standard Internasional Betta Congress (IBC) " ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan perbedaan Standard Nasional sendiri hanya penampilan ikan saja yang diutamakan misalnya mulai dari bentuk ikan, ekor/sirip ikan harus sempurna, jika tidak memenuhi kriteria dipastikan tidak lolos kualifikasi.

" Beda halnya dengan penilaian dalam kontes standard IBC dan ini lebih mengutamakan kombinasi warna pada ikan Betta.Tidak diperbolehkan rekayasa pada ikan ataupun disalon. Apabila ada yang ketahuan terbukti mempermak ikan, secara otomatis akan didiskualifikasi karena Standard IBC itu adalah ikan alami dari hasil pembudidayaan " jelasnya.

Dalam kontes bertaraf internasional ini pihaknya melibatkan juri profesional yang sudah terverifikasi standard IBC.

Perry Shaq juga menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat luar bahwa Bangka Belitung juga sudah banyak pembudidaya-pembudidaya ikan Cupang Hias sekelas Internasional.

" Kedepannya diharapkan ditangan pembudidaya khususnya Bangka Belitung dapat menghasilkan Ikan Betta (Ikan Cupang)  yang lebih bervariasi lagi " Harapnya.

Selain kontes Ikan Betta (Ikan Cupang Hias)  berkelas "International Betta Competition" kegiatan ini juga akan diramaikan dengan Pameran Aqua scape dan Pameran louhan juga.

( SY )

Komentar Anda