Saturday, 20 April 2024 | 11:44 AM

Riza-Herdavid-Hadiri-Ngameru-dan-Harapkan-Produksi-Beras-Desa-Pangkal-Buluh-Meningkat
24 March 2019,09:48 AM

BangkaNews.Id, Toboali -- Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid berharap dengan diadakan kegiatan Ngameru (Makan Bersama Nasi Baru) bisa memotivasi petani lebih giat dalam menanam padi ladang atau dikenal padi darat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Desa Pangkal Buluh, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu ( 23/03 ).

Kegiatan Ngameru, merupakan wujud sukur petani Desa Pangkal Buluh, atas panen padi yang berlimpah, yang merupakan tradisi turun-temurun warga setempat. Selain dihadiri ratusan petani Desa Pangkal Buluh, kegiatan Ngemaru juga dihadiri anggota DPRD Bangka Selatan Rusliadi, Camat Payung Zainudin, Kades di Kecamatan Payung dan undangan lainnya. 

"Alhamdulillah dengan total luas lahan yang digarap petani seluas 165 Hektar bisa mengahasilkan padi seberat 442 ton padi, ini patut kita syukuri berkat kerja keras petani serta pendampingan dan arahan dari  Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel," ujar Kades Pangkal Buluh Marjan. 

Terpisah, Riza Herdavid mengharapkan produksi beras di Desa Pangkal Buluh bisa terus ditingkatkan hingga bisa dijual ke luar daerah. 

"Sekarang mungkin hanya untuk konsumsi warga lokal, minimal warga Pangkal Buluh tidak beli beras lagi, kedepannya dengan dibantu Dinas  Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel  produksi beras di Desa ini bisa terus meningkat dan bisa dijual keluar daerah," terang Riza Herdavid. 

Ditambahkan Kabid Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Fatoni, untuk meningkatkan produksi padi ladang di Bangka Selatan, pihaknya akan membantu bibit padi varietas unggul. 

"2018 lalu kami membantu sar prodi untuk padi ladang seluas 100 H, dan alhamdulillah bisa ditanam hingga mencapai 165 H, pada 2019 nanti untuk meningkatkan produksi padi ladang pihaknya akan memberikan benih padi ladang varietas unggul," kata Fatoni. 

( red )

Komentar Anda