Friday, 19 April 2024 | 03:44 AM

Belitung
08 April 2020,02:14 PM

BangkaNews.id, Belitung -- Pasien dalam pengawasan atau (PDP)  yang sempat mendapatkan perawatan di ruangan isolasi Acovid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Kab. Belitung, Pasien 279 perempuan usia 8 th berstatus Pasien Dalam PPengawasan.

Pasien 279 rujukan dari salah satu rumah sakit swasta yang masuk ruangan pemeriksaan covid-19 pada tgl 4 April 2020 pukul 18.45 wib dengan keluhan sesak nafas, batuk tanpa disertai demam dan keluarga ingin di rawat di RSMJ memanfaatkan fasilitas bpjs. 

Pasen 279 sudah pernah dilakukan pemeriksaan lengkap dengan hasil bacaan pnemonia kanan  dan rapid test dengan hasil Negatif, sehingga pasen diputuskan dirawat di ruangan intensif air born non covid-19. Selama 3 hari perawatan.

"kondisi pasen tidak kunjung membaik walapun sdh  diberikan  obat-obatan sesuai standar penyakit pneumonia, bahkan kondisi pasen 279 tersebut semakin memburuk sehinga diputuskan dilakukan rapid test ulang hasil pun tetap Negatif dan CT scan paru yg menunjukkan infeksi paru masif dan luas di kedua lapang paru kiri maupun kanan oleh karena itu pasen perlu segera dilakukan pemasangan  ventilator (mesin nafas), pada hari selasa 7 april 2020 .

"sekira pukul 18.20 pasen dinyatakan meninggal dunia setelah mendapat pertolongan resusitasi jantung dan paru karna mengalami henti jantung. Saat masih dalam perawatan dengan mesin ventilator pasen sempat diambil swab daerah tenggorokan yang akan dikirim ke puslitbangkes biomedis jakarta pada hari jumat besok tanggal 10 april 2020. 

Setelah mendapat penjelasan dari tim gugus tugas covid-19 pasien penanganan katagori PDP maka jenazah pasen PDP terkait covid19 walaupun belum keluar hasil, pemeriksaan swab yg menyatakan jenazah tersebut positif covid-19 maka kami perlakukan pengurusan jenazah dan penguburannya sesuai SOP yg berlaku tentang penanganan jenazah pasen PDP covid 19 yaitu dilakukan pengurusan dan penguburan dalam waktu kurang  dari 4 jam dan semua proses dari mulai pengurusan jenazah, dimasukkan peti tertutup rapat dan terkunci dan dibungkus plastik rapat diseprot cairan disenfectan dilakukan dan oleh petugas dengan APD lengkap level 3 kemudian dibawa dengan Ambulan khusus.

Dengan bantuan dan pengawalan petugas dari TNI.dan POLRI dan kerjasama yang baik antara keluarga dan masyarakat setempat seluruh proses pengurusan jenazah PDP pasen 279 sampai pemakaman berjalan dengan lancar. (Red)

Komentar Anda