Friday, 19 April 2024 | 11:03 AM

Penambangan-Tanpa-Izin-Tahura-Gunung-Menumbing,-Dua-Pelaku-di-Tangkap-Sat-Reskrim-Polres-Bangka-Barat
23 October 2020,05:52 PM

BangkaNews.id -- Sat Reskrim Polres Bangka Barat berhasil mengamankan dua pelaku penambangan bijih timah ilegal di kawasan Hutan Konservasi Tahura Gunung Menumbing, Jumat 23 Oktober 2020

Keduanya ditangkap di kawasan Kelekak Unying Dusun Daya Baru Pal IV Desa Air Belo Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat. 

"Anggota Polres Bangka Barat sebelum penangkapan sudah mengintai beberapa hari, anggota sudah mengendap di hutan semalam karena kalau kita masuk pagi rata-rata mereka banyak cepunya, istilahnya pasti bocor informasinya," ujar Kasat Reskrim Polres Bangka Barat.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK mengatakan kedua penambang tersebut masing-masing berinisal Tr (35) warga Pal 2 Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dan Wa (37) warga Dusun Pait Jaya Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Kedua pelaku adalah penambang bijih timah ilegal inkonvensional, kedua pelaku diamankan pada saat sedang melakukan aktivitas penambangan di lokasi tersebut.

"Ketika ditanyakan perihal perizinan terkait kegiatan penambangan tersebut, Tr dan Wa tidak dapat menunjukannya. Lalu anggota Sat Reskrim Polres Bangka Barat langsung mengamankan tersangka dan Barang Bukti yang ada Ke Mapolres Bangka Barat guna dilakukan penyidikan lebih lanjut," Ujar Kasat Reskrim.

Selain berhasil mengamankan dua pelaku, Anggota Polres Bangka Barat juga mengamankan barang bukti berupa sejumlah alat tambang. 

"Untuk barang bukti saat ini kami amankan di Mapolres Bangka Barat sedangkan untuk tersangka dalam proses penyidikan dan akan dijerat dengan undang-undang minerba," Ujar Kasat Reskrim. 

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan, SH. SIK Seizin Polres Bangka Barat AKBP Ferdiansah, SIK mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah itu berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing. Apabila ditemukan aktivitas ilegal maka akan dilakukan tindakan tegas karena upaya preventif sudah sering diberikan. (red)

Komentar Anda