Friday, 26 April 2024 | 12:34 AM

Pangkalpinang
29 November 2021,09:04 PM

BangkaNews.id -- Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer Daerah dan Dana Desa tahun 2022 secara virtual di ruang rapat tengah kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (29/11/2021). 

Molen mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah menyerahkan DIPA dan buku daftar alokasi transfer daerah dan dana desa tahun 2022. Dia berharap rancangan APBN dapat segera dilaksanakan untuk membangun Kota Pangkalpinang. 

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan APBN 2022 harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural, karena berperan sentra sebagai presidensi G20 sehingga harus menunjukkan kemampuan dalam menghadapi perubahan iklim. Terutama dalam pengurangan emisi dan gerakan lingkungan secara berkelanjutan. 

"Kita harus rancang APBN tahun 2022 yang responsif, atisipasif, dan fleksibel serta selalu berinovasi dan mengantisipasi perubahan dengan tetap jaga tata kelola yang baik, " jelasnya. 

Kata Jokowi, kebijakan harus difokuskan melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

"Selanjutnya kebijakan terhadap peningkatan SDM yang unggul, melanjutkan pembangunan infrasturktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi, penguatan disentralisasi fiskal untuk oeningkatan dan pemerataan kesejahteraan antara daerah, serta melanjutkan reformasi penganggran dengan menerapkan seropis budgeting agar belanja lebih efisien, " pungkasnya. (eka/La)

Komentar Anda