Sunday, 25 September 2022 | 11:51 PM

Sainstek
23 July 2022,09:38 AM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang -Cabang Olahraga (cabor) pencak silat sumbang 6 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu dalam POPDA Tingkat Provinsi Bangka Belitung yang sedang  berlangsung di Kota Pangkalpinang pada tanggal 16 s/d 24 Juli 2022. Dengan hasil 6 medali emas, Kabupaten Bangka menjadi juara umum cabor Pencak silat.

Partai final dipertandingkan pada hari Jumat, 22 Juli 2022 di GOR Depati Bahrain Pangkalpinang. Pesilat Bangka Ardiansyah turun di kelas  F Putra 59 – 63 Kg, berhasil menaklukan Pesilat dari Kabupaten Belitung dan mengunci medali emas ke 6 bagi Bangka. Sementara di kelas H Putri 67 – 71 Kg Alya Lova, sukses menjadi juara 1 setelah mengalahkan pesilat dari Kabupaten Bangka Barat.

Saat ini POPDA 2022 memasuki hari terakhir, Kepala Bidang (Kabid) olahraga, Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Dusparbudkepora) Babel Harun mengucap syukur dan menyampaikan selamat kepada pemenang, harapannya dengan adanya seleksi di Popda ini, atlet pelajar Babel yang telah berhasil menjadi juara agar mempersiapkan diri untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) pada tahun 2023 mendatang.

"Alhamdulillah, cabor pencak silat berjalan sukses dan tidak ada halangan, nantinya Pengprov IPSI Babel bisa membantu kami. Laksanakan TC dari kabupaten/kota masing-masing dan tentunya kerjasama dan koordinasi terus berjalan." kata Harun.

Ia juga menambahkan terkait keikutsertaan Babel pada Popnas, pihaknya tahun depan akan melaksanakan Kejurda dan sebanyak 9 cabor yang akan dipertandingkan.

"Cabor yang akan dipertandingkan pada Kejurda nanti yaitu karate, taekwondo, gulat, panahan, menembak, renang, senam, tenis meja serta voly pasir. Ini juga merupakan seleksi persiapan atlet pelajar Babel menuju Popnas selain cabor yang ada di Popda ini." tutupnya.

Kabupaten Bangka Selatan menempati peringkat ke 2 perolehan medali terbanyak cabor Pencak silat yaitu dengan raihan 3 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Sementara tuan rumah Pangkalpinang harua puas diurutan ke 3 dengan 3 emas, 4 perak serta 4 perunggu. (rz)

Komentar Anda