Monday, 26 September 2022 | 01:23 AM

Sepakbola
22 August 2022,01:02 PM

BangkaNews.id -- Bangka Tengah Sungailiat - Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel melaksanan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (SISPARNAS) dalam rangka penyediaan data dan informasi kepariwisataan dan ekonomi kreatif daerah guna mendorong perkembangan pariwisata.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Babel, Instansi Vertikal, Pakar, Tenaga Ahli dan para Surveyor dari Universitas Bangka Belitung (UBB) yang dilaksakan di Hotel Novilla Resort, Jalan Laut, Kampung Pasir Kudai Sungailiat Kabupaten Bangka, Senin (22/08/2022).

Bimtek SISPARNAS dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Babel dalam hal ini diwakili oleh Kabid Destinasi dan Pemasaran Disparbudkepora Babel Firmansyah dan dihadiri oleh Sub Koordinator Infrastuktur, Aksesibilitas, Konektifitas, Amenitas/Fasilitasi, Digitalisasi Direktorat Tata Kelola Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur Kemenparekraf RI Nur Aizah, Narasumber dari Kemenparekraf Toni Bagus serta seluruh peserta Bimtek.

Dalam sambutannya Firmansyah mengatakan Bimtek SISPARNAS ini merupakan program yang telah disusun oleh Kemenparekraf RI untuk menyusun database kepariwisataan.

"Kami mengundang para peserta ini karena mereka merupakan instansi atau lembaga yang memiliki peran atau memiliki hubungan secara langsung dengan SISPARNAS, Bimtek ini juga merupakan anggaran dekonsentrasi Kemenparekraf RI yang difasilitasi oleh Disparbudkepora Babel." imbuhnya.

Firmansyah juga menjelaskan saat ini Babel merupakan salah satu Provinsi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah berdasarkan Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang RPJM tentang penetapan 10 Destinasi Prioritas di Indonesia.

Berkenaan dengan hal itu kata Firmansyah tahun 2021 yang lalu pihaknya telah melaksanakan kegiatan rencana induk destinasi pariwisata nasional yang di inisiasi oleh Kemenparekraf RI dan Bappenas tentang pengembangan dan pengembangan pariwisata di Babel.

Dirinya berharap melalui kegiatan Bimtek SISPARNAS ini nantinya dapat terbangun komunikasi dan komitmen bersama untuk dapat berkontribusi dan menjalankan peran yang menjadi tanggung jawab bersama dalam mencapai tujuan pembangunan kepariwisataan Babel.

"Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik bagi kita semua terutama bagi kepariwisataan Babel kedepannya." harapnya.

Diketahui SISPARNAS adalah sebuah Platform data keberadaan obyek wisata, atraksi dan ketersediaan infrastruktur pendukung dari seluruh regional di Indonesia, menggunakan inovasi teknologi big data dan pendekatan adaptif untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan sektor pariwisata, menghasilkan informasi indikator kepariwisataan guna data dukung pengambilan kebijakan sebagai fasilitas pelayanan yang disediakan untuk pelaku pariwisata dan Pemerintah Daerah sesuai dengan amanat Undang-undang No.10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan.(rz)

Komentar Anda