Sunday, 25 September 2022 | 11:48 PM

Pemkab-Beltim-Uji-Coba-Tanam-Sorgum-Antisipasi-Krisis-Pangan
26 August 2022,09:45 PM

BangkaNews.id -- Belitung Timur Simpang Pesak, Kelompok Tani Prabu M70 menanam benih Sorgum diatas lahan seluas 20 hektar. Penanaman ini sebagai uji coba mengembangkan pangan  pengganti nasi dan antisipasi krisis pangan.

Uji coba penanaman bibit Sorgum tersebut berada di bawah pengawasan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang berlokasi di Hutan Tanam Industri (HTI) PT. Indo Sukses Lestari Makmur (ISLM) Kecamatan Simpang Pesak, Jumat (26/8/22).

Dalam sambutannya, perwakilan dari PT. Maju Malem Sejahtera (MMS) Fitria Lindawati mengatakan bahwa penamaan Sorgum ini menjadi alternatif untuk menghadapi krisis pangan.

"Pasca pandemi kita terus berupaya untuk bangkit dan pulih, khususnya sektor ekonomi. Perlahan tapi pasti melalui program kita sama-sama berikhtiar untuk terus bangkit meningkatkan ekonomi," ujar Linda.

Sorgum juga dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu dan nasi karena gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah. Tidak hanya itu, selain pangan yang tinggi akan protein, batang Sorgum ini pun memiliki serat gula yang lebih tinggi dari tebu. 

"Untuk itu mari kita bersama-sama kembali ke produk lokal, kembali bertani untuk memberdayakan potensi pertanian yang kita miliki,"himbaunya. 

Disisi lain, Humas PT. ISLM Kabupaten Beltim Afrizal Ramadhan menyampaikan untuk bibit Sorgum ini berasal dari Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI, Pemkab Beltim, PT MMS dan kelompok tani Prabu M70.(Kmf/Bn)

Komentar Anda