Monday, 26 September 2022 | 01:35 AM

Disparbudkepora-Gelar-Pelatihan-Pemasaran-Digital-Prioritas-bagi-ASN
15 September 2022,06:25 PM

BangkaNews.id -- Bangka Induk Sungailiat Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Pelatihan Pemasaran Digital Subsektor Unggulan dan Prioritas bagi ASN. 

Kegiatan yang berlangsung di Novilla Boutique Resort, Sungailiat, Kabupaten Bangka 15-16 September 2022 tersebut, dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan keterampilan ASN bidang ekonomi kreatif di daerah melalui keterlibatan dinas daerah, pengawasan dan pengembangan SDM ekonomi kreatif untuk meningkatkan pemberdayaan, menumbuhkan prakarsa serta kreativitas ASN bagi pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Pj. Gubernur Babel diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan ESDM Setda Provinsi Babel Sunardi, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan kepariwisataan Indonesia harus dilakukan secara sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. 

Salah satu karakter keberhasilannya adalah apabila dampak dari pembangunan pariwisata mampu menyentuh pada pembangunan ekonomi masyarakat.

"Keberhasilan pembangunan pariwisata salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pembangunan sumber daya manusianya. Oleh karena itu, pembangunan SDM pariwisata dan Ekraf ini menjadi penting, dan harus dilakukan bersama-sama," katanya, Kamis (15/09/2022).

Iya juga menjelaskan, peningkatan kapasitas SDM Ekraf merupakan amanah dari Undang-Undang No.24 tahun 2019 tentang ekonomi kreatif. 

Untuk itu menurutnya, optimalisasi kreativitas SDM yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi perlu disiapkan dalam rangka bersaing memenangkan persaingan di pasar global.

"Saya yakin para narasumber dan pihak yang terlibat akan berusaha keras memberikan yang terbaik bagi para peserta sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan ASN Babel dalam mengoptimalkan kinerja pemasaran sektor Ekraf dalam era 4.0," terangnya.

Kegiatan Pelatihan Pemasaran Digital Subsektor Unggulan dan Prioritas bagi ASN diikuti peserta yang berasal dari Dinas Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se Provinsi Babel.

Adapun narasumber yang hadir yaitu Ketua Komite Ekonomi Kreatif  Kabupaten Bandung Firstman R Marpaung dan Koordinator Edukasi 2 dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Jemmy Alexsander. (rel/reza)

Komentar Anda