Monday, 26 September 2022 | 12:25 AM

Pasipersrem-045/Gaya-Hadiri-Rapat-Paripurna-Istimewa-Ke-I-Masa-Persidangan-I-Tahun-2022
17 September 2022,12:43 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Perwira Seksi Personalia Korem 045/Garuda Jaya Mayor Inf Agus Sukendar mewakili Danrem Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA mengikuti Rapat Paripurna Istimewa kesatu masa Persidangan I Tahun 2022 dalam rangka Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke 265 tahun 2022 Sabtu  17 September 2022  Pukul 10.00 WIB.

Rapat di gelar di Ruang Paripurna Kantor DPRD Kota Pangkalpinang di hadiri oleh PJ Gubernur Babel, perwakilan Forkopimda Provinsi dan para Forkopimda Kota Pangkalpinang serta hadirin lainnya.

Walikota Pangkalpinang Maulana Akil dalam sambutannya menyampaikan tonggak sejarah peringatan didasarkan pada kajian historis dibentuknya Pangkal Pinang di Pulau Bangka sebagai tempat kedudukan Demang atas perintah dan kebijakan Sultan Kesultanan Palembang Darussalam Susuhunan Sultan Ahmad Najamudin I Adi Kesumo sejak pengangkatannya menjadi Sultan tanggal 17 September 1757. Pangkalpinang adalah salah satu dari 13 Pangkal yang didirikan di pulau Bangka MB ada itu.

Berdasarkan toponimi genericnya kata Pangkal bermakna suatu wilayah yang di bentuk dan didirikan dengan fungsi sebagai pusat segala aktifitas dan kegiatan dimulai, sebagai pelabuhan dan pusat pasar atau perniagaan serta sebagai pusat distrik atau pusat pemerintahan.

Sedangkan toponimi spesifiknya kata Pinang adalah nama jenis tanaman Palma multi fungsi yang endemik tumbuh di wilayah dekat Pangkal yang didirikan dan pohonnya menjulang ke atas.

Pohon melambangkan masyarakat Pangkalpinang yang baik Budi pekertinya, jujur serta memiliki derajat yang tinggi, bersedia melakukan pekerjaan dengan hati terbuka dan bersungguh-sungguh.

Penggunaan spesifik Pinang pada Pangkalpinang secara filosofi menunjukkan kemauan kuat masyarakat untuk selalu menjaga hubungan antar sesama manusia dengan alam dan dengan Sang Maha Pencipta.(Rh/La)

Komentar Anda