Friday, 19 April 2024 | 10:38 AM

SMA-Negeri-3-Pangkalpinang-Bersama-Ruangguru-se-Indonesia-Laksanakan-Tryout-Loud-SNBT-2023
21 January 2023,12:59 PM

BangkaNews.id - Ruang Guru bekerja sama dengan seluruh sekolah se-Indonesia mengadakan Tryout Loud SNBT 2023,Sabtu (21/01/23).

Diikuti oleh 204 Siswa SMA Negeri 3 Pangkalpinang kelas XII, kegiatan Try Out Tryout Loud SNBT 2023 dilaksanakan secara online. 

Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Era mengatakan bahwa kegiatan tryout bersama Ruang guru bukan hal yang pertama kali dilakukan di SMA Negeri 3 Pangkalpinang. SMA Negeri 3 Pangkalpinang selalu membuka diri untuk memfasilitasi siswa kelas XII untuk mempersiapkan siswa melanjutkan Perguruan Tinggi. 

Hal ini dilakukan Seiring dengan kebutuhan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sebagai salah satu Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan [BP3], maka sekolah menggangap perlu dilaksanakan kegiatan Try Out Loud SNBT 2023 dimana dalam tryout tersebut terdiri dari 2 komponen besar yaitu tes skolastik dan tes literasi, ungkap era

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang didesain untuk menguji kemampuan berfikir siswa sekolah calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini berkembang melalui proses belajar dan pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.TPS terdiri dari empat komponen, ialah Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif. Komponen Penalaran Umum terdiri dari tiga sub-komponen, ialah penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif, tambah era

Kata “literasi” memiliki arti yang luas. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan kata literasi sebagai (1) kemampuan menulis dan membaca, (2) pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, misalnya, literasi komputer; dan (3) kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. tutur Era.

Akbar Firmansyah siswa kelas XII MIPA 2 yang bercita-cita masuk ke perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung jurusan Informatika, berpendapat bahwa TO yang dilaksanan oleh Ruang Guru pada hari ini sangat bagus dalam membantu siswa dalam melihat peluang untuk melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Setiap soal yang diberikan sangat menguji siswa, baik dari segi kesulitannya maupun waktunya. Setiap subtes memiliki waktu yang berbeda-beda, ada yang singkat ada yang lama sehingga siswa perlu pintar mengaturnya. Dari segi soalnya pun sudah seperti pelaksanaan tes SNBT yang sesungguhnya seperti yang disediakan di web resminya. Saya berharap Ruang Guru masih memberikan ruang bagi siswa seperti kami untuk berlatih secara gratis dalam persiapan melaksanakan SNBT.

Sementara Decia Ramadhini Kelas XII IPS 2, berpendapat bahwa  pelaksanaan Try out SNBT bersama ruang guru  hari ini adalah sangat seru dan sangat bermanfaat bagi kedepannya, dalam hal ini membuat siswa yang mengikutinya bisa melihat potensi bahwa sejauh mana siswa memahami materi untuk menghadapi ujian SNBT kedepannya. Perasaan saya sejauh ini adalah sangat senang karena setelah mengikuti TO hari ini. (r/rz)

Komentar Anda