Friday, 26 April 2024 | 01:48 AM

Otomotif
31 January 2023,07:40 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Pada kondisi cuaca yang bisa dikatakan memasuki musim hujan di Bangka Belitung yang saat ini lumayan intensif, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan diri lebih banyak di perjalanan.(31/01/23)

Terlebih bila menggunakan sepeda motor ketika beraktifitas sehari-hari, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi Anda ketika terjebak hujan di tengah jalan.

Anggie Faeza selaku Instruktur Safety Indonesia dari Main Dealer PT Asia Surya Perkasa mengatakan, berkendara menggunakan sepeda motor ketika hujan wajib memperhatikan beberapa poin yang mendukung keselamatan dalam berkendara.

“Ketika musim hujan tiba, pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati bisa disebabkan jalan yang licin hingga pandangan yang menyempit akibat derasnya volume hujan sehingga pengendara harus bisa mengantisipasi keamanan dalam berkendara," jelas Anggie Faeza.

Sebelum berkendara di musim hujan, berikut adalah hal yang harus dipersiapkan oleh pengendara motor :

Menggunakan Jas Hujan Mode Single, Saat hujan, gunakan jas hutan mode single agar tetap aman.

Penggunaan jas hutan tandem atau kalong seringkali menyulitkan pengendara motor
Maka dari itu, lebih baik gunakan jas hujan celana sehingga lebih praktis dan nyaman.

Jas hujan ini harus selalu ada di dalam bagasi motor agar ketika hujan datang Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa risau akan basah kuyup.

Jangan rem mendadak Jalan raya di tanah air tidak semua mulus Masih banyak jalanan bergelombang dan belubang yang tentu akan menggangu perjalanan anda.

Ketika hujan, jarak pandang menjadi semakin pendek dan jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya untuk pengendara.

Tak jarang kita sering mendapati kasus kecelakaan saat musim hujan karena jalanan yang berlubang Saat berkendara di musim hujan, sangat disarankan untuk tidak rem mendadak Karena mengerem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan
Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang minim dan menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan.

Nyalakan Lampu Kendaraan Tips berkendara motor saat hujan selanjutnya yakni pastikan bahwa lampu kendaraan anda nyala.

Tips ini sangat disarankan untuk dilakukan saat berkendara di kala hujan lebat.

Lampu kendaraan akan mempermudah anda melihat pengendara lain dengan jelas, dan bagi pengendara lain juga akan lebih mudah melihat anda.

Dengan demikian, risiko kecelakaan bisa dihindari.

Menepi Saat Ada Masalah Saat bekendara di tengah hujan dan merasa ada masalah dengan motor Anda maka lebih baik menepi sejenak.

Terlebih jika motor Anda sudah tua, sebaiknya saat hujan lebat atau bahkan banjir sebaiknya tidak dipaksakan untuk berkendara.

Selain masalah kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan Jika merasa kurang fit, sebaiknya menepi dan istirahat sejenak.

Karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya jika dipaksakan mengendari kendaraan bermotor.

Waspada Saat Berkendara Kondisi jalanan yang kurang baik ditambah jarak pandang yang pendek mengharuskan anda untuk tetap waspada saat berkendara. Pastikan anda memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara lain.

Untuk Bro & Sist pengendara motor di Bangka Belitung harap berwaspada ketika berkendara saat hujan, selalu mengenakan jas hujan mode single dan hindari jas hujan ponco.(red)

Komentar Anda