Thursday, 25 April 2024 | 05:51 PM

Pangkalpinang
15 February 2023,11:47 PM

BangkaNews.id - Polda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui satuan Lantas  kembali hadir menyambangi SMA N 3 Pangkalpinang untuk menyampaikan sosialisasi mengenai keselamatan berkendara, Tim Ditlantas Polda yang berjumlah 4 orang anggota yang dipimpin oleh Kompol Surya Dharma Putra, S.I.K Kasi BPKB Ditlantas Polda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung hadir di aula SMAN 3 Pangkalpinang, Rabu (15/02/23).

Dalam rangka memberikan sosialisasi mengenai keselamatan berkendara sebagai upaya tindakan pencegahan jatuhnya korban jiwa dalam berkendara terutama bagi usia pelajar.

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh pelaksana tugas Kepala Sekolah Ibu Siti Nabsiati, S.Pd. menyatakan sangat berterima kasih atas kehadiran dan kesempatan tim dari Ditlantas Polda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk langsung memberikan arahan dan petunjuk kepada peserta didik yang hadir." Saya sangat berterima kasih atas kunjungan Ditlantas Polda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan arahan Secara langsung kepada siswa siswi kami, terutama bagi mereka yang belum berhak untuk menggunakan sepeda motor ketika berangkat ke sekolah, ujarnya" 

dan menjadi dilema bagi kami pak bahwa kami telah menghimbau baik kepada siswa maupun para orangtuanya agar bagi mereka yang belum memenuhi syarat untuk berkendara sepeda motor terutama untuk tidak usah datang ke sekolah menggunakan sepeda motor tetapi alasan yang disampaikan oleh baik oleh siswa maupun orang tua yang sibuk tidak dapat mengantarkan anaknya. Tetapi  tetap kami himbau agar mereka berkendaraan dengan perlengkapan standar yang telah diatur, seperti wajib menggunakan helm dan motor harus berspion. tukasnya lagi"

Menanggapi hal itu Kompol Surya Dharma Putra, S.I.K dalam menyampaikan sosialisasi mengenai keselamatan berkendara juga menekankan kepada para pelajar terutama yang belum berhak menggunakan sepeda motor untuk dapat pergi sekolah kalau bisa diantar sekolah oleh orang tuanya atau yang telah memiliki izin menggunakan kendaraan atau SIM. " Menjadi dilema yang luar biasa bagi para pelajar kita diaatu sisi mereka harus pergi sekolah tetapi karena jarak rumah yang cukup jauh dengan sekolah terpaksa harus menggunakan kendaraan bermotor sementara mereka belum berhak atau belum memiliki Surat Izin Mengemudi, sementara bila menggunakan angkot atau kendaraan umum terkadang tidak menjangkau langsung ke sekolah, tetapi sebaiknya mereka juga harus mengurangi intensitas berkendaraan artinya kalau memang tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya tidak usah keluar rumah dan berkendaraan yang tentunya dapat mengakibatkan bahaya baik bagi mereka sendiri maupun orang lain. Ujarnya"

Adik adik sebaiknya kalian terutama yang belum berusia 17 tahun minimal dan juga belum memiliki Surat Izin Mengemudi sebaiknya mengurangi intensitas berkendaraan yah karena bisa membahayakan dirimu maupun orang lain. Dan untuk siswa yang sudah berusia 17 tahun yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi kalau sudah yakin silahkan ikuti tes memperoleh Surat Izin Mengemudi, tetapi jangan mentang mentang sudah punya SIM terus berkendaraan seenaknya saja tidak memperhatikan kelengkapan dan keselamatan berkendara, helm harus dipakai untuk melindungi kepala kita yang berharga jangan hanya dipajang disiku tangan atau hanya di gantung di jok motor ketika berkendara, tukasnya"

Kami semua datang kesini memberikan arahan ini adalah wujud rasa sayang kami semua atas keselamatan nyawa kalian dan masa depan kalian. lanjutnya"

Sementara itu Al fiqri selaku peserta sosialisasi tersebut mengaku senang dan merasa sangat berterima kasih atas himbauan dan arahan tim Ditlantas Polda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung" kami sangat berterima kasih atas himbauan bapak polisi kepada kami sehingga kami menjadi lebih mengerti dan berupaya untuk dapat mengurangi intensitas berkendaraan secara sendiri dan berupaya semaksimal mungkin untuk mentaati peraturan lalu lintas demi keselamatan diri kami dan orang lain.katanya"

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung sangat antusias walaupun waktunya hanya sebentar tetapi memberikan edukasi yang bermanfaat bagi peserta didik yang hadir di kegiatan tersebut. Dapat dilihat antusiasme peserta sosialisasi dengan rebutan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Kompol Surya Dharma Putra, S.I.K, dan kegiatan tersebut ditutup dengan photo bersama. (r/rz)

Komentar Anda