Wednesday, 24 April 2024 | 11:33 PM

Pangkalpinang
09 May 2023,09:08 PM

BangkaNews.id - Kesbangpol Kota Pangkalpinang gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di SMA Negeri 3 Pangkalpinang, Selasa (09/05/23).

Selain Kesbangpol, kegiatan yang melibatkan KPU, Bawaslu, dan Disdukcapil ini diikuti oleh 90 siswa yang berusia 16 tahun dan 17 tahun. Sasarannya adalah calon pemilih pemula yang pada tanggal 14 Februari 2024 nanti sudah berusia 17 tahun.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kesbangpol Pangkalpinang, Bapak Wahidin, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Bapak Penti, dan Bawaslu Kota Pangkalpinang, Bapak Luksin.

“Kita memberikan semacam Pendidikan politik kepada pemilih pemula, terutama yang di SMA. Kebetulan hari ini di SMA Negeri 3 Pangkalpinang, tujuanlah adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa pada pemilu yang akan datang dan memberikan Pendidikan politik kepada pemilih pemula,” ungkap Wahidin.

Menurutnya, Kesbangpol memiliki kewajiban untuk memberikan Pendidikan dan penyuluhan untuk pemilih pemula supaya dapat mempergunakan hak pilihnya dengan cerdas.

Sementara itu, Luksin berharap kepada pemilih pemula adalah pada pemilu dapat berpartisipasi dan dapat mengetahui aturan main dalam pemilu sesuai dengan perundang-undangan.

“Harapan kami juga, pemilih pemula dapat berpartisipasi dalam pengawasan pemilu agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran,” tambahnya.

Tidak hanya sosialisasi yang dilakukan oleh Kesbangpol, KPU, dan Bawaslu, Disdukcapil turut berkolaborasi di SMA Negeri 3 Pangkalpinang untuk perekaman E-KTP bagi siswa yang sudaah berumur 16 tahun dan 17 tahun, serta aktivasi Identitas Kependudukan Digital. (r/rz)

Komentar Anda